UPS Tegal Adakan Seminar Peningkatan Akreditasi Menuju Unggul

UPS Tegal Adakan Seminar Peningkatan Akreditasi Menuju Unggul

SEMINAR - Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Seminar Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Menuju Unggul di Aula YPP. Foto : K Anam S--

DISWAYJATENG, TEGAL - Sebagai bentuk upaya dan komitmen dalam rangka mempersiapkan peningkatan mutu pendidikan untuk menuju akreditasi unggul, Universitas Pancasakti TEGAL (UPS) menyelenggarakan Seminar Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Menuju Unggul. Kegiatan seminar diselenggarakan di Aula YPP.

Seminar Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Menuju Unggul dihadiri oleh jajaran rektorat, direktur, dekan, dan pimpinan unit di lingkungan UPS. Acara yang  menghadirkan narasumber yang berkompeten di Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) yaitu Prof Dr Ir Ari Purbayanto MSc PhD dan Prof Dr Mulyono S Baskoro MSc PhD.

Dalam sambutannya, Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyampaikan lebih lanjut untuk dijadikan program perbaikan, pengendalian dan peningkatan dari Standar penilaian BAN PT. Siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) juga menjadi budaya mutu yang terlaksana dalam keseharian institusi. 

“Pencapaian akreditasi harus ditingkatkan dan Kerjasama semua civitas akademika dilingkungan harus terjalin baik untuk menuju unggul dan di masa depan mendapatkan pengakuan secara regional dan global,” ucap Rektor.

Prof Dr Ir Ari Purbayanto MSc PhD mengatakan pentingnya penjaminan mutu pendidikan yang dilakukan secara baik, konsisten dan berkelanjutan, karena Perguruan Tinggi bermutu menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensi nya. Masih banyaknya pemahaman yang salah bahwa akreditasi institusi itu tidak wajib, yang wajib adalah Prodi. 

“Dimana tujuan akreditasi untuk memotret kelayakan, layak gak Nommensen unggul,” jelas Prof Ari.

Prof Ir Mulyono Baskoro MS PhD menambahkan tentang strategi pencapaian program studi unggul. “Bagaimana kita mengembangkan prodi perlu namanya potensi daerah dari keunikan daerah yang orang lain tidak punya tapi kita punya. Menuju akreditasi unggul dasarnya adalah Laporan Evaluasi Diri (LED),” papar Mulyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: