6 Makanan yang Bagus dikonsumsi Saat MPASI pada Bayi

6 Makanan yang Bagus dikonsumsi Saat MPASI pada Bayi

6 Makanan yang Bagus dikonsumsi Saat MPASI pada Bayi-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Terlepas dari manfaat buah melon dan cara mengolah MPASI yang baik untuk bayi kita, kalian juga harus mengetahui makanan apa saja yang baik saat MPASi pada bayi kita.

Menjaga kesehatan pada bayi kita merupakan salah satu dari sekian banyak cara agar buah hati kita bisa berkambang dengan baik, yakni seperti contohnya mengonsumsi makanan yang bagus.

Memasuki usia 6 bulan pada umumnya bayi sudah memiliki kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan yang cukup matang, bahkan bayi juga sudah mampu menegakkan kepala dan lehernya untuk makan.

Hal itulah saatnya ibu memulai untuk mempersiapkan MPASI (makanan pendamping air susu ibu) pada bayi kita. Bahkan pada setiap menu MPASI kamu sebenarnya dapat menambahkan rasa dengan menggunakan sedikit garam, gula, bawang putih atau bawang merah.

Hal tersebut supaya bayi kita juga dapat mulai belajar mengenal rasa. Namun, hindari penambahan penyedap rasa (MSG) ke dalam makanannya, dan selama MPASI maka ibu juga tetap harus memberikan ASI pada bayi.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Cara Mengolah MPASI yang Baik untuk Buah Hati Kita

ASI sebenarnya sudah mencukupi semua kebutuhan energi dan nutrisi bayi untuk di 6 bulan pertama kehidupannya, akan tetapi seiring bertambahnya kebutuhan gizi akan semakin banyak dan bervariasi.

Pengenalan MPASI adalah hal yang penting, hal tersebut karena dapat memengaruhi kesehatan bayi di masa yang akan datang, bahkan pemberian MPASI pada usia 6 bulan dianggap berhasil apabila bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Sedangkan bayi dapat menelan dengan baik tanpa tersedak, dan tidak melebihi kapasitas sistem pencernaan untuk mencerna makanan. Berikut 6 makanan yang bagus saat MPASI pada bayi, antara lain:

Alpukat

Buah hijau ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium dan lemak baik yang diperlukan oleh bayi. Bahkan bukan hanya itu saja akan tetapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motoriknya

Serealia

Kandungan karbohidrat dibutuhkan bayi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, sumber karbohidrat untuk Si Kecil dapat dipenuhi dengan berbagai serealia seperti beras putih, beras merah atau gandum.

Sedangkan pada bayi usia 6 bulan maka sajikan makanan dalam bentuk bubur saring atau bubur susu supaya mudah dicerna, serta hindari pemberian gandum instan dan gunakan gandum utuh jenis rolled atau steel cut oats.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: