Banyak Dicari di Pemalang, Media Tanam Alami

Banyak Dicari di Pemalang, Media Tanam Alami

DIPROSES - Media tanam alami sedang diproses untuk dijual ke pelanggan. Foto : Siti Maftukhah/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Media tanam alami tanpa bahan kimia banyak dicari masyarakat Pemalamg. Media tanam alami saat ini mudah didapatkan karena sudah tersedia di penjual tanaman. 

Salah satunya di Desa Cibuyur,  Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, tepatnya di Kebun Seruni. Nelly Widyanti, pemilik kebun sekaligus pembuat media tanam alami mengatakan, media tanam dibuat dari bahan - bahan yang sudah ada di alam, harganya juga terjangkau dan dijual per kantong. 

"Satu kantong media tanam harganya sekitar Rp13.000, tinggal digunakan dan disiram," katanya.

Para penggemar tanaman hias biasanya lebih condong ke media tanam alami. Apalagi sekarang langsung bisa dimanfaatkan lebih praktis dan ekonomis. 

"Tinggal dipasang diteras rumah atau tempat tanaman tanpa harus menyesuaikan alam baru, hanya  dirawat, disiram 2 hari sekali," imbuhnya. 

Untuk membuat media tanam alami menggunakan tanah humus yang diambil di bawah pohon bambu tali. Kemudian bahan lain yaitu daun bambu kering yang sudah dicacah, kohe kering (dihancurkan), sekam kukus dan lain sebagainya.

"Kalau yang super daun bambu tali dan kokopit harganya lebih mahal sekitar Rp20.000 per kantong," bebernya. 

Indah, salah satu pehobi tanaman hias menuturkan, media tanam alami lebih bagus untuk tanaman, karena bebas bahan kimia. Sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan cepat pertumbuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: