5 Pagar Yang Ada di Sekitar Komplek Makam Tegal Arum

5 Pagar Yang Ada di Sekitar Komplek Makam Tegal Arum

Makam Tegal arum Kabupaten Tegal--by.school.blog

DISWAY JATENG.ID - Komplek Makam Tegal Arum berada di Dusun Pakuncen, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah. Lokasi Makam Amangkurat I berada di halaman kelima komplek yang berbentuk teras bertingkat.

Bangunan cungkup yang menghadap keselatan ini terletak pada teras ke tiga yaitu teras yang tertinggi. Untuk setiap teras yaitu teras pertama, kedua dan ketiga terdapat gapura bentar sebagai pintu masuk. 

Gapura adalah bagunan yang terbuat dari batu bata tanpa plester. Tinggi gapura ini 150 cm dari lantai pintu. Masing-masing teras dibatasi dengan pagar talud yang juga terbuat dari batu bata. 

Terdapat menara kecil dari susunan batu bata diatas pagar talud yaitu pada bagian tengah dan sudut. Bentuk menara kecil ini menyerupai puncak gapura pintu masuk teras. Lantai teras berupa tanah kecuali dibagian depan pintu masuk bangunan cungkup.

Pada bagian ini yaitu pada teras ketiga, dari gapura teras 1 sampai dengan di gapura teras 3 terdapat ubin terracota. Ubin berukuran 37 cm x 37 cm. Sedangkan lebar jalan 75 cm. Nisan berada dalam bangunan cungkup berbentuk perseguí empat beratap limas bertingkat 3. 

Adapun luas adri bangunan ini adalah 39 m2. Dinding dan tiang bangunan terbuat dari kayu jati dicta dengan warna kuning gading. Tinggi dinding kayu kurang lebih 3,5 m sedangkan lantai terbuat dari marmer berwarna putih. 

Atapnya menggunakan genting dan pada puncaknya terdapat kemuncak yang terbuat dari logam sedangkan atap bagian dalam ditutup dengan plafon eternit. Ada satu pintu masuk pada bangunan ini yang atasnya diberi kuncungan. 

Selain itu juga ada pola hias geometris berbentuk segitiga pada bagian tepi dinding bangunan. Pada dinding depan cungkup, pada bagian bingkai ini terdapat pahatan hiasan meander. 

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jelas Tentang Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal

5 Pagar Yang Ada di Sekitar Komplek Makam Tegal Arum

Pada dinding bagian depan terdapat lupang ventilasi masing-masing 3 buah di kiri dan kanan pintu masuk. Selain itu lubang ventilasi juga ada dibawah atap tingkat II. Atap bangunan disangga dengan empat suku guru dari kayu bulat yang ditopang dengan umpak batu persegí. Nisan diberi pembatas kain putih.

Gapura Makam Komplek Tegal arum

Gapura yang yang ada di komplek makam Tegal Arum bertipe candi bentar dan padureksa. Terdapat 7 gapura yang terdiri dari 3 gapura bentar dan 4 gapura padureksa. 

4 gapura padureksa dan 1 gapura bentar berada dalam komplek makam sedangkan 2 gapura bentar saat ini berada diluar komple makam yaitu tepatnya mengapit jalan Amangkurat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.kemdikbud.go.id