Dugaan Kecurangan Panitia Pilkades Dukuhwringin Tak Terbukti

Dugaan  Kecurangan Panitia Pilkades  Dukuhwringin Tak Terbukti

KLARIFIKASI - Camat Slawi bersama Panitia Pilkades berikut Kepala Desa Dukuhwringin menggelar klarifikasi di kantor pantia pilkades, Foto: Hermas Purwadi/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, SLAWI - Mencuatnya dugaan kecurangan yang disampaikan salah satu warga Desa Dukuhwringin terhadap panitia Pilkades disikapi Pemerintah Kecamatan Slawi. Kali ini Camat Slawi bersama jajaran melakukan klarifikasi kebenaraa kabar tersebut baik kepada Pemerintah Desa Dukuhwringin dan panitia Pilkades di desa tersebut. Dari hasil klarifikasi secara detail, tidak ditemukan adanya  dugaan kecurangan yang sempat dicurigai oleh salah satu warga desa tersebut.

Ketua panitia pelaksana Pilkades Dwi Joko Wiranto didampingi  Sekretaris Rudi Hartono secara tegas menyatakan sampai saat ini transparansi kinerja pantia pilkades tetap terjaga. 

"Panitia mengajak kepada seluruh pihak agar menjaga kamtibmas. Apabila ada sesuatu yang perlu ditanyakan semua pihak bisa datang ke sekretariat. Karena panitia bekerja berdasarkan Perbup.  Berkaitan dengan surat pengantar kelengkapan pelamar seperti pembuatan SKCK, itu menjadi wilayah Pemerintah Desa Dukuhwringin dan tidak ada kaitannya dengan panitia," ujarnya, Kamis (3/8).

Panitia Pilkades  juga menhimbau agar semua pihak yang terlibat dalam kontestasi pemilihan kepala desa.bersikap bijaksana dan pemikiran yang terbuka. 

"Sesuai dengan tahapan panitia akan melaksanakan verifikasi berkas bakal calon dengan mengundang.bakal calon,simpatisan bakal calon serta awak media untuk bersama sama menyaksikan proses demokrasi yang terbuka dan bertanggung jawab," cetusnya.

Menyikapi hal tersebut, Camat Slawi Mohammad  Natsir juga membenarkan keterangan yang disampaikan pihak panitia pilkades tersebut. 

"Intinya pantia Pilkades hanya menerima kelengkapan persyaratan pendaftar bakal calon kades. Soal suat pengantar yang dibutuhkan masing-masing pelamar bakal calon kades  sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah desa setempat. Ini sekaligus meluruskan infiormasi kurang tepat yang beredar di masyarakat," tegasnya. 

Natsir mengaku bahwa saat ini panitia Pilkades di Desa Dukuhwringin tetap mengedepankan transparansi, sehingga nantinya semua tahapan dalam ajang Pilkades serentak  bisa dijalankan  sesuai koridor dan aturan main yang berlaku. Pihak pantia Pilkades juga sependapat dengan Camat, bahw semua tahapan  bisa berjalan lancar, aman, tanpa ekses di Desa Dukuhwringin," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: