Catat! Remaja Pemalang Harus Jaga Sedekah Bumi

Catat! Remaja Pemalang Harus Jaga Sedekah Bumi

SEDEKAH BUMI - Warga Desa Bojongnangka RT 01 RW 04 dan RT lainya berkumpul bersama mengikuti sedekah bumi. Foto : Agus Pratikno/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Bulan Syura menjadi tradisi warga masyarakat untuk melakukan acara selamatan dan berdoa bersama berharap  mendapatkan keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT. Salah satu diantara tradisi budaya jawa yang hingga sekarang masih terus dilestarikan yaitu Sedekah Bumi. 

Seperti yang baru saja dilaksanakan oleh warga Desa Bojongnangka RT 01 RW 04 dan warga RT  lainnya di Dukuh Tambakyuda. Acara sedekah bumi yang digelar di sepanjang Jalan Siwalan banyak dihadiri warga. Tua muda, mereka bersemangat untuk mengikuti acara tersebut. 

Dengan membawa nasi tumpeng, untuk melakukan acara selamatan atau syukuran dan berdoa bersama. Warga yang hadir duduk lesehan beralas tikar untuk mengikuti acara itu  hingga  selesai. Memasuki puncak acara setelah melakukan doa bersama, semua warga yang hadir makan bersama menikmati nasi tumpeng yang mereka bawa.

Acara sedekah bumi, selain dihadiri warga, hadir juga Kepala Desa Bojongnangka Wahmu, Lebe Desa Zimamudin, Kepala Dusun 3 Rohmah Amalia dan sejumlah ketua RT. Termasuk hadir juga anak-anak muda Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 

Kehadiran mahasiswa diacara itu, rupanya menjadi pelajaran tersendiri untuk bisa belajar bermasyarakat. Melihat tradisi budaya jawa yang masih terus dilestarikan oleh warga, menjadikan pelajaran yang berharga bagi mereka.

Karena acara sedekah bumi tersebut, selain untuk melakukan doa bersama, juga bentuk rasa syukur atas rahmat dan karunia Allah yang telah diberikan. Disamping itu, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga. Karena di acara itu, warga tua muda semua berkumpul bersama.

Koordinator Mahasiswa KKN Undip di Desa Bojongnangka  Hafiz asal Garut mengatakan acara sedekah bumi yang dilaksanakan pada bulan Syuro oleh warga ini sangat baik. Sehingga untuk terus dilestarikan, karena melalui acara ini, disamping untuk bersilaturahmi antar sesama warga juga untuk melakukan doa bersama dan acara syukuran. 

"Acara sedekah bumi ini sangat bagus, sehingga untuk terus dipertahankan dan dilestarikan,"katanya, kepada Radar, kemarin.

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa dipetik dari acara sedekah bumi ini. Karena warga berkumpul untuk bersilaturahmi dan melakukan doa bersama. Termasuk menjadi ajang komunikasi warga, karena di acara ini  warga untuk saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Melihat banyaknya manfaat ini, pihaknya sebagai anak remaja dan sebagai generasi muda  memandang bahwa acara sedekah bumi  ini, betul-betul bernilai positif. Sehingga anak-anak muda bersama - sama untuk terus menjaga dan melestarikannya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: