Pemusik Harus Paham! Ini Dia Jenis Gitar dan Cara Merawatnya, Dijamin Merdu

Pemusik Harus Paham! Ini Dia Jenis Gitar dan Cara Merawatnya, Dijamin Merdu

Kenali jenis-jenis gitar dan cara merawatnya--

DISWAYJATENG – Ada beberapa jenis Gitar yang seniman gunakan sesuai dengan penggunaannya. Biasanya penggunaan jenis gitar disesuaikan dengan jenis aliran musik yang mereka mainkan.

Agar gitar dapat berfungsi maksimal serta awet, maka diperlukan perawatan khusus bagi alat music petik ini.

Merawat gitar agar selalu dalam kondisi bagus dan tetap merdu saat kita gunakan penting bagi para penggunanya. Banyak pemilik gitar yang tidak tahu cara merawat alaat music ini dengan baik.

Bagi para musisi atau orang-orang yang memiliki hobi bermusik, alat untuk memainkan musik semacam nyawa dan suatu hal yang amat penting.

Musik juga bisa melatih otak agar fokus dan tidak mudah lupa. Oleh karenanya, perawatan alat musik bisa dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan.

Lalu apakah benar bahwa menjemur gitar pda terik matahari nantinya dapat memunculkan suara yang lebih bagus?

Jenis-jenis Gitar

Jenis-jenis gitar itu sendiri biasanya dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu gitar akustik, gitar klasik, dan gitar listrik. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1.    Gitar folk (atau akustik)

Gitar akustik dengan senar baja. Instrumen ini memungkinkan Anda memainkan banyak gaya musik yang berbeda (rock, pop, jazz, country, heavy metal, dan sebagainya).

2.    Gitar klasik

Selain menggunakan sinar baja, gitar akustik ada yang menggunakan senar nilon. Gitar jenis ini sering digunakan untuk musik klasik atau musik flamenco. Mudah dipindahkan dan dapat dimainkan di mana saja tanpa amplifikasi. Suara tali nilon jauh lebih lembut dan lebih hangat dari pada tali baja.

3.    Gitar listrik

Ini bukan gitar akustik, sehingga harus terhubung ke amplifier untuk membuatnya cukup keras untuk didengar. Selain itu, dilengkapi dengan string logam, yang ideal untuk gaya musik murni listrik seperti rock, metal atau heavy metal, dan sebagainya.

Pada umumnya, gitar yang sering dimainkan oleh musisi adalah gitar akustik dan gitar listrik. Kedua jenis gitar itu biasanya akan selalu ada di setiap pagelaran musik. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara merawat gitar akustik dan gitar listrik.

BACA JUGA:Begini Teknik Merawat Gitar yang Baik dan Benar!

Cara Merawat Gitar

Melansir dari beberapa sumber tentang perawatan alat musik ini. Simak cara merawat gitar yang baik dan benar.

1.    Simpan pada tempat yang memiliki suhu ideal

Gitar adalah alat musik yang hampir setiap orang punya. Namun, banyak yang masih tabu dengan tata cara merawat  gitar.

Gitar sebaiknya anda simpan pada suhu yang ideal, yaitu berkisar antara 15 sampai 28 derajat celcius.

Hindari juga suhu yang terlalu tinggi karena biasanya lem pada gitar justru akan mencair. Hal tersebut justru akan membuat beberapa bagian gitar saling melepaskan diri.

2.    Membersihkan gitar dengan benar

Kebanyakan gitar yang produksi Indonesia adalah hasil dari produksi pabrik. Hal itu tidak dapat kita pastikan gitar memiliki suara yang baik.

Biasanya, dalam proses pembuaan gitar-gitar seperti itu mereka membutuhkan cairan kimiawi untuk penyelesaiannya.

Untuk itu anda boleh sesekali membersihkannya dengan pembersih yang ada pada pasaran.

3.    Kelembaban Udara

Untuk gitar, kelembaban idealnya adalah 35 sampai 55 persen. Untuk mendapatkan kelembaban yang baik pada gitar, anda cukup meletakkannya pada ruaangan ber AC.

4.    Pemakaian senar yang tepat

Pada gitar, sebaiknya anda jangan menggunakan senar baja atau steel string. Senar baja memiliki daya tarikan yang lebih besar ketimbang senar nylon.

5.    Hindari melakukan hal aneh pada gitar

Banayak orang beranggapan, saalah satu cara merawat gitar bis anda lakukan dengan mengolesinya minyak kayu putih, kemudian jemur hingga memberikan merica pada lubang.

Hal tersebut kerap orang meniru. Namun, bukan berarti hal itu benar. Hal ini nyatanya hanya akan merusak gitar dan tidak dapat memberikan suara yang kita inginkan.

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu, Kenali Jenis Gitar Sebelum Anda Membelinya

Kualitas gitar akan sangat bagus apabila memang membeli gitar dengan pembuatan dan bahan dasar yang terbaik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: