Patut Ditiru, BPMU UPS Glar Workshop Akreditasi Menuju Unggul

Patut Ditiru, BPMU UPS Glar Workshop Akreditasi Menuju Unggul

WORSKHOP – Pejabat UPS dan peserta Workhsop Akreditasi Unggul foto bersama usai acara. Foto : Humas UPS --

DISWAYJATENG, TEGAL – Untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi menuju akreditasi unggul, Badan Penjaminan Mutu Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menggelar Workhsop Akreditasi Unggul untuk seluruh Program Studi (Prodi) di Kampus I UPS, Jalan Halmahea, Senin (31/7). Workshop diisi Pakar Akreditasi Dr Angkasa SH MHum. 

“Tujuan workrshop ini untuk menguatkan proses akreditasi baik di Perguruan Tinggi maupun Prodi, agar bisa menjadi unggul. Dengan simulasi dan diagnosis borang tiap Prodi dilakukan pemetaan secara detail sehingga menghasilkan strategi pelaksanaan akreditasi yang efektif, yaitu menjadi unggul,” kata Wakil Rektor 1 Prof Dr Purwo Susongko.

Disampaikan, akreditasi adalah tuntutan wajib untuk sebuah perguruan tinggi yang dinilai Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT mengembangkan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 4.0 yang berorientasi pada output dan outcame, dengan pengukuran mutu lebih dititikberatkan pada aspek proses, output, dan outcome.

Perguruan tinggi harus bekerja keras mempersiapkan diri untuk akreditasi dengan Kriteria 9 yang jauh berbeda dengan Standar 7. Kriteria 9 tersebut meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana, dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, luaran dan capaian Tri Dharma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: