Muharram, SMPN 17 Kota Tegal Santuni Anak Yatim Piatu

Muharram, SMPN 17 Kota Tegal Santuni Anak Yatim Piatu

SANTUNAN-Kepala SMP Negeri 17 Kota Tegal Amir Alfauzi didampingi Waka Kesiswaan Purnomo memberikan santunan kepada siswa yang tergolong yatim piatu, Jumat (28/7). Foto : Meiwan Dani R/Radar Tegal --

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Negeri 17 Kota Tegal mengadakan kegiatan Muharaman, sebab merupakan salah satu bulan yang paling utama dalam kalender Islam. Keluarga besar sekolah menggelar santunan kepada 73 anak yatim, piatu dan yatim piatu, Jumat (28/7) dan sebagai kegiatan pembiasaan juga dilakukan Salat Duha.

Ketua Panitia Baeti Zumaro menuturkan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh keluarga besar sekolah yang merupakan acara tahunan dan selalu diselenggarakan setiap tahunnya pada 10 Muharram

"Hal itu merupakan juga bentuk rasa syukur yang mendalam atas kesediaan dan kerelaan keluarga besar SMP Negeri 17 Tegal," ujarnya.

Waka Kesiswaan Purnomo mengatakan, meskipun berbagi dengan sesama bisa dilakukan kapan saja. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan momentum tahun baru Islam sebagai momentum hijrah ke kehidupan atau perilaku hidup yang lebih baik. 

"Sekaligus melaksanakan amalan di bulan Asyura sebagai pemacu dan pemicu untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 17 Kota Tegal Amir Alfauzi menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang berjalan dengan lancar tersebut. Pihaknya berharap kegiatan serupa tetap dapat terlaksana di waktu-waktu berikutnya. Dan tidak lupa, bahwa kegiatan santunan semacam ini merupakan kegiatan positif yang bersandar kepada ajaran Rasulullah SAW dengan nilai sosial yang sangat tinggi dalam kepedulian terhadap sesama. 

"Santunan ini juga dimaksudkan untuk melatih siswa siswi agar dapat mensyukuri nikmat Allah SWT serta memupuk rasa simpati dan empati terhadap sesama," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: