Alhamdulillah, Tim Gabungan Atasi Kebakaran Hutan Pinus

Alhamdulillah, Tim Gabungan Atasi Kebakaran Hutan Pinus

BERJIBAKU - Tim pemadam BPBD berkoordinasi sebelum berjibaku menjinakkan kobaran api di bukit ilalang kering areal Dukuh Bawangan, Desa Bumijawa, Kabupaten Tegal. Foto : Hermas Purwadi/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, TEGAL - Terbakarnya bukit rumput ilalang kering di Dukuh Bawangan,  Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Minggu (30/7) berhasil dipadamkan dan tidak sampai merambat ke areal hutan Pinus yang berada didekat lokasi kejadian.

Kepala Harian BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Nursodik menyatakan terbakarnya bukit  rumput ilalang tersebut terpantau pada pukul 17.30 WIB dari wisata kolam renang  Rindu ALam Guci. 

"Titik api dengan cepat membesart dan meluas, karena marerial jenis tumbuhan ilalang yang sudah kering dan mudah terbakar," ujarnya.

Kobaran api berhasil dijinakkan pada pukul 21.00 WIB dengan menggunakan alat pemadan seadanya dikarenakan lokasi yang sulit dijangkau. 

"Kami sempat melakukan koordinasi dengan 112 serta melakukan assessmen higga menerjunkan tim untuk melakukan penaganan pemadaman api," cetusnya. 

Upaya pemadaman juga dilakukan oleh Polsek Bojong, Koramil Bojong, Damkar wilayah Kecamatan Bojong, masyarakat sekitar dan relawan penanggulangan bencana.

Terpisah, Wakil Adiministratur KPH Pekalongan Barat  Oktavian Dwi Maulana menegaskan, lokasi kebakaran belum asuk hutan, namun dilahamn semal ilalang tanah Perhutani petak 52 Desa Bumijawa, yang masuk dalam RPH Batumirah.

"Lokasi masuk dalam kategori kelas Hutan TBP atau Tidak Baik untuk Perusahaan. Lokasi tempat terbakarnya  lahan tersebut berbatu, curam, dan sejenisnya. Atau bisa dikalatan tidak ada tegakan yang bernilai ekonomis," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: