Youtuber dan Vtuber! Sama-Sama Konten Kreator, Tahukah Anda Perbedaannya?

Youtuber dan Vtuber! Sama-Sama Konten Kreator, Tahukah Anda Perbedaannya?

Perbedaan youtuber dan Vtuber--

DISWAYJATENG – Bagi anda yang suka berinteraksi dengan p;atform youtube pasti sudah sering mendengar istilah youtuber dan vtuber. Keduanya sama-sama merupakan sebuah konten yang berbentuk  video.

Sebagian orang mungkin masih menyamakan antara youtuber dengan vtuber. Keduanya memang merupakan konter creator, namun ada perbedaan dari keduanya.

Youtuber dan Vtuber merupakan Jenis Content Creator yang ada di Platform Youtube.

Kedua jenis Content Creator di Youtube ini membuat konten dalam bentuk Video dan mempostingnya dalam Akun Youtube mereka.

Youtuber adalah Influencer Sosial Media yang membuat konten dan kemudian memposting konten tesebut di platform Youtube.

Sementara Vtuber (Kesingkatan dari Virtual Youtuber) adalah Konten Kreator Youtube yang menggunakan avatar dengan jenis 2D ataupun 3D dalam membuat konten mereka dan kemudian mempostingnya di Platform Video mereka.

Jenis Konten Kreator Vtuber ini sudah ada sejak tahun 2010 dan pertama kali Terkenal mendunia pada tahun 2016. Kalian pasti sudah tahu banyak Youtuber-Youtuber terkenal seperti Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, atau Youtuber terkenal di luar Indonesia seperti PewDiePie.

Mungkin kalian juga kenal dengan nama-nama Vtuber seperti Kizuna Ai, Gawr Gura, atau Vtuber dari Indonesia seperti Kobo Kanaeru dan Maya Putri.

Melansir dari laman quena.com,

Bahkan, kalian mungkin saat ini sudah menjadi subcriber di channel mereka.

Melansir dari laman quena.id, berikut hal-hal yang perlu anda tahu perbedaan dari Konter Kreator Youtuber dan Vtuber? Nah, Bagi Kalian yang belum tahu, yuk simak perbedaan antara Youtuber dan Vtuber berikut:

1.    Penggunaan Avatar dalam Membuat Konten

Seperti yang kalian sudah tahu, Seorang Youtuber membuat Konten mereka dan mempostingnya ke akun Youtube mereka.

Konten Tersebut, biasanya menampilkan wajah dari Youtuber itu secara langsung tanpa menggunakan avatar apapun.

Sama juga ketika mereka melakukan Live Streamin, Muka mereka juga muncul secara langsung sambil menunjukan Game atau Konten yang mereka siarkan.

Sementara Vtuber, Di dalam Konten mereka tidak menunjukan wajah asli dari Vtuber tersebut. Mereka Menampilkan Avatar 2D atau 3D mereka sendiri yang unik dari Vtuber lainnya.

2.    Identitas Konten Kreator

Biasanya, Identitas Asli dari Seorang Youtuber dapat diketahui oleh para Penontonnya.

Dari muka mereka yang terlihat dalam konten mereka, bahkan sampai Identitas asli mereka dapat diketahui secara publik.

Sementara Seorang Vtuber, Identitas Asli mereka akan lebih anonim jika dibandingkan dengan identitas asli seorang Youtuber. Hal ini karena dalam konten mereka, sama sekali tidak menunjukan wajah asli mereka.

Selain Itu, Seorang Vtuber juga tidak menggunakan nama aslinya di akun Youtube mereka.

Mereka menggunakan nama panggung untuk terhubung dengan para penonton mereka.

Dengan demikian, Identitas asli seorang Vtuber akan lebih aman dari seorang Youtuber dan privasi mereka juga lebih terjaga.

Target Penonton Seorang Vtuber dan Youtuber meskipun memiliki konten yang sama mungkin memiliki Target Audiens yang berbeda Seorang Vtuber akan menargetkan Audiens yang suka menonton Anime-anime dari Jepang.

Hal ini dapat terlihat dengan Avatr-avatar mereka dengan gaya yang mirip seperti karakter anime.Sementara Seorang Youtuber mungkin memiliki target audiens yang lebih luas jika dibandingkan dengan Seorang Vtuber.

Hal ini dikarenakan mereka yang menunjukan muka mereka dari sisi penonton memiliki wujud yang jelas. Dengan begitu, semua orang dapat lebih mudah untuk menerimanya.

Sekian penjelasan saya terkait Seorang Youtuber dan Vtuber. 

Jadi, Bisa dibilang secara Singkat seorang Vtuber menggunakan Avatar dalam membuat Konten dan seorang Youtuber tidak menggunakannya.

BACA JUGA:Penting Bagi Para Penulis! Cek Apakah Lolos Plagiarisme? Ini Dia Cara Cek nya

Itulah perbedaan antara seorang youtuber dan vtuber yang dapat kami berikan dalam artikel kali ini. semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: