Penting Bagi Anda Pengusaha! Ini Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Kuasai

Penting Bagi Anda Pengusaha! Ini Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Kuasai

--

DISWAYJATENG – Pada sebuah perusahaan, pemasaran produk merupakan satu bagian yang sangat penting. Dengan pemasaran yang bagus maka perusahaan akan semakin maju.

Strategi pemasaran tentunya sangat diperlukan sebuah perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan produknya.

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Bagaimana sebenarnya teknik cara memasarkan produk dan contoh strategi pemasaran produk yang baik dan benar?

Mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan.

Maka itu, Anda sebagai pelaku bisnis perlu menerapkan contoh strategi pemasaran produk yang efektif ini untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda.

Melansir dari lamani Mekari Jurnal.blogspot, maka Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan Anda terkait teknik strategi pemasaran produk seperti:

1.    Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?

2.    Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?

3.    Sebutkan apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?

4.    Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?

5.    Bagaimana metode pemasaran dan cara marketing produk yang paling baik?

6.    Sebutkan bagaimana metode pemasaran untuk memperkenalkan makanan fungsional?

7.    Bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global?

8.    Bagaimana strategi pemasaran dan promosi pengusaha?

Mengenal Tentang Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran produk adalah usaha dalam memasarkan sebuah produk, barang, atau jasa dengan cara tertentu untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. sehingga penjualan akan meningkat.

Sederhananya, marketing atau pemasaran dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencapai target tertentu.

Tujuan utama strategi pemasaran produk

1.       Untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Dilakukan bertujuan agar setiap anggota tim dapat bekerja sama dengan baik, efektif dan efisien.

2.       Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan. Jika tidak ada pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak dapat mengukur nilai penjualan.

3.       Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, maka perlu dibentuk strategi yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perusahaan lain.

4.       Sebagai dasar yang masuk akal untuk pengambilan keputusan. Adanya data hasil penjualan, maka perusahaan dapat menetapkan strategi pemasaran selanjutnya yang akan dilakukan.

Konsep Strategi Pemasaran

Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah.

Berikut konsep khusus strategi pemasaran:

a.    Segmentasi Pasar

Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.

Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.

b.    Positioning Market

Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda.

Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis.

Hal ini dilakukan karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.

c.     Market Entry Strategy

Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah market entry strategy.

Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu

1.       Membeli perusahaan lain

2.       Internal Development

3.       Kerjasama dengan perusahaan lain

d.    Marketing Mix Strategy

Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

Berikut variabel yang terdapat pada marketing mix.

1.    Product

2.    Price

3.    Place

4.    Promotion

5.    Participant

6.    Process

7.  People Physical Evidence

e.  Timing Strategy

Disini perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Ini adalah merupakan penjabaran dari timing strategy pada konsep strategi pemasaran.

Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa persiapan konsep strategi pemasaran di bidang produksi.

Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Berikut ini merupakan 4 jenis strategi pemasaran produk yang perlu Anda ketahui:

1.    Direct Selling

Direct selling atau penjualan langsung merupakan jenis strategi pemasaran di mana penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen.

Meskipun langsung, tetapi umumnya penjual tidak dilakukan di toko retail.

Caranya Anda dapat melakukannya dengan door-to-door atau menemui konsumen secara langsung. Anda sebagai pemasar bisa mendatangi rumah-rumah konsumen yang ditargetkan.

Penawaran barang dilakukan di sana dengan mengandalkan kemampuan persuasif. Kelebihan dari strategi ini yakni modalnya yang tidak perlu besar, sehingga cocok untuk bisnis yang tidak memiliki modal besar.

Namun, kekurangannya yaitu pemasar atau marketer akan cepat atau lebih lelah karena terus berjalan.

Selain itu, beberapa masyarakat atau konsumen juga tidak nyaman dengan cara ini karena mengganggu dan seperti dipaksa untuk membeli.

2.    Earned Media

Cara memasarkan produk yang kedua adalah earned media.

Berbeda dengan penjualan langsung, jenis strategi ini justru dilakukan secara tidak langsung.

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk menerapkan strategi ini yakni membangun hubungan dan kepercayaan dengan masyarakat.

Sehingga, Anda perlu membangun brand dan membentuk image yang baik melalui media sosial.

3.    Point of Purchase

Point of Purchase (POP) merupakan strategi marketing dengan cara menempatkan material marketing atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.

Strategi ini sangat cocok diterapkan pada toko retail yang menjual berbagai macam produk.

Menurut penelitian, sekitar 64% orang yang datang ke toko retail masih belum menentukan produk yang akan dibelinya.

Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan dengan mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda.

Kerahkan semua product knowledge dan kemampuan komunikasi sehingga konsumen tertarik dan susah untuk menolak.

Strategi pemasaran produk point of purchase ini dapat Anda lakukan dengan cara membuat display dengan desain khusus yang menarik dan menempatkannya pada tempat yang strategis seperti di dekat pintu masuk dan keluar.

4.    Internet Marketing

Pasti Anda juga sudah tidak asing dengan strategi pemasaran ini bukan?

Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup dikenal dan dilakukan oleh banyak pelaku usaha pada saat ini.

Caranya yang mudah dan cepat membuat strategi ini banyak dipilih.

Selain itu, media sosial yang menjadi pilihan juga banyak seperti Instagram, Facebook, website, email marketing dan banyak lagi yang lain.

Jenis strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancar jika Anda dapat membuat konten yang menarik pembeli.

Apalagi jika Anda dapat membuat brand tersendiri dalam media sosial, itu merupakan keuntungan yang sangat bagus.

Oh ya semua jenis konten yang Anda buat juga merupakan aset berupa hak cipta, janganlah membuat konten dengan asal-asalan.

BACA JUGA:Keren! Ini Contoh Promosi Unik, Menarik dan Bikin Orang Jadi Tertarik

Itulah beberapa jenis strategi pemasaran produk yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda dapat memilih strategi pemasaran yang akan dilakukan dengan efektif dan membuat bisnis Anda semakin maju. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: