Tips Pengobatan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

Tips Pengobatan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

Pengobatan herbal mengatasi asam lambung--

DISWAYJATENG.ID – Asam lambung naik sebabkan dengan salah satu faktor pola makan yang tidak teratur dan juga terlalu banyak pikiran. Setiap kadar asam lampung naik keadaan perut tidak nyaman, karena penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada terasa terbakar, dan rasa nyeri pada ulu hati.

 

Melansir dari berbagai sumber. Ini dia 8 obat herbal dari bahan alami yang mampu ngengatasi asam lambung.

1. Jahe Merah

 

Jahe merah memiliki efek farmakologis antiinflamasi atau antiradang. Efek tersebut mampu membuat jahe merah bisa menurunkan kadar asam lambung.

Jahe merah memiliki sifat gastroprotek yang berperan untuk melawan bakteri jahat penyebab asam lambung.

2. Lidah Buaya

 

Lidah buaya efektif meredakan asam lambung. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya mampu meredakan gejala asam lambung.

Serta perlu kalian ketahui, bahwa penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya sebagai obat herbal asam lambung. Karena lidah buaya memiliki efek memperkuat efek yang mampu menimbulkan rendahnya gula darah.

3. Temulawak

 

Temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesahatan tubuh. Salah satunya manfaat temulawak sebagai obat maag.

Serta temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pensernaan, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa atau dinding lambung.

4. Air Kelapa

 

Air kelapa terdapat kandungan kalium yang berperan untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh serta mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.

Jadi air kelapa baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

5. Pepaya

 

Buah pepaya terdapat kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada.

Untuk manfaat buah pepaya sebagai obat asam lambung sudah diuji dalam sebuah penelitian.

6. Kunyit

 

Kunyit dipercaya sangat efektif meredakan asam lambung kalian. Bagian yang digunakan sebagai obat heral asam lambung adalah rimpang kunyit.

Untum merasakan manfaat, kalian bisa tumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk. Setelah itu kalian sedu ½ sendok teh bubuk kunyit dengan air hangat. Kunyit juga tidak boleh dikunsumsi secara berlebihan karena bisa memicu mual, diare, dan alergi pada kulit.

7. Madu

 

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya manfaatnya adalah meredakan asam lambung. Untuk merasakan manfaatnya, kalian bisa campurkan satu sendok teh madu dengan segelas air hangat dan minumlah segera.

Mencagah asam lambung naik, kalian sebaiknya minum satu sendok teh madu sebelum makan dan sebelum tidur.

8. Kayu Manis

 

Dalam sebuah penelitian bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar asam dan pepsin dalam usus. Bubuk kayu manis dipercaya bisa menurunkan kadar karbon dioksida di dalam perut yang membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik.

Itulah beberapa obat herbal yang bisa meredakan asam lambung, kalian bisa memilih salah satu bahan aami di atas sebagai obat herbal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: