Ini Dia Sejarah dan Mitos yang Ada di Candi Selogriyo Magelang

Ini Dia Sejarah dan Mitos yang Ada di Candi Selogriyo Magelang

Ini Dia Sejarah dan Mitos yang Ada di Candi Selogriyo Magelang-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Berwisata ketempat yang mempunyai sejarah adalah daya tarik tersendiri bagi kita, karena membuat kita penasaran dengan wisata tersebut.

Seperti halnya Candi Selogriyo yang mempunyai sejarah dan berbagai mitos yang tersebar di kalangan wisata ini, tempat ini hanyalah satu dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri yang berbalut sejarah serta mitos yang dipercaya hingga saat ini.

 

Objek wisata Candi Selogriyo hanya memiliki satu candi saja berbeda dengan objek wisata candi pada umumnya. Yakni yang berbentuk komplek atau kawasan seperti Candi Prambanan, atau Candi Borobudur.

 

Meskipun demikian pada faktanya kunjungan ke Candi Selogriyo selalu ramai terutama saat akhir pekan, bahkan tercatat turis asingpun sering berkunjung ke Candi Selogriyo Magelang mereka datang dari berbagai negara yang berbeda.

 

Mitos yang Ada di Candi Selogriyo

 

Adapun mitos di Candi Selogriyo merujuk kepada sebuah mata air yang ada di kawasan tersebut yang dipercaya memiliki khasiat awet muda bagi mereka yang membasuh mukanya di mata air tersebut.

 

Mitos tentang mata air awet muda tersebut diyakini lebih mujarab jika mereka membasuhnya di antara tanggal 1 – 10 Muharram, sedangkan mitos yang ke dua Candi Selogriyo yakni tentang bunyi gamelan.

 

Dahulu masyarakat setempat sering mendengar bunyi gamelan di sekitar area Candi Selogriyo terutama di hari Selasa Kliwon, dan Jumat Kliwon. Adapun nama lain dari Candi Selogriyo adalah Omah Watu yang berarti rumah batu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: