Kerja Tim Pendata dan Metode Smartphone Jadi Kunci Pencapaian Target Pemutakhiran Data Keluarga 2023

Kerja Tim Pendata dan Metode Smartphone Jadi Kunci Pencapaian Target Pemutakhiran Data Keluarga 2023

Kerja Tim Pendata dan Metode Smartphone Jadi Kunci Pencapaian Target Pemutakhiran Data Keluarga 2023--

PANGKALPINANG, DISWAYJATENG ---Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam rentang waktu 20 hari telah memutakhirkan 11.265.169 atau 71,74 persen dari target data keluarga yang jadi sasaran Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2023 di seluruh Indonesia.

Kerja sama mulai dari Kader Pendata hingga tim help desk di tingkat pusat serta metode pendataan berbasis smartphone merupakan kunci pencapaian tertinggi dari target yang dicanangkan. BKKBN sendiri mencanangkan target memutakhirkan 15.701.871 data keluarga dalam Pemutakhiran selama satu bulan yang dimulai 1 hingga 31 Juli 2023.   

Berdasarkan dashboard monitoring Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2023, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mencapai pemutakhiran tertinggi yakni 91,91 persen dari target. Di tempat kedua, Provinsi Gorontalo dengan capaian 87,49 persen.

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Rumah Beratap Asbes Tak Layak Huni, Sebabkan TBC

Perwakilan BKKBN Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Pemutakhiran PK-23 secara sampling di 7 Kabupaten/Kota yang tersebar di 41 Kecamatan, 177 Desa/Kelurahan dengan menurunkan kader pendata sebanyak 827 orang yang menggunakan metode pendataan berbasis Computer Assisted Personal Interview (CAPI) melalui aplikasi android Pemutakhiran PK.

Per Kamis (20/07/2023), Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mendata dan memutakhirkan 148.965 kepala keluarga karena ada konsistensi peningkatan jumlah KK yang terdata per hari. 

BACA JUGA:Hari ke-12 Pemutakhiran, Kader Pendata BKKBN Temui 5,58 Juta Keluarga di Indonesia

Hal ini tentu saja tidak luput dari semangat kerja sama tim, strategi yang terus dilakukan oleh pihak - pihak yang terlibat didalamnya, serta kontribusi tim helpdesk dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi dalam mensukseskan Pemutakhiran PK-23 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mhd. Irzal, SE., ME mengatakan bahwa selain penggunaan smartphone 100% salah satu kunci sukses dalam Pemukhtahiran PK-23 adalah pemantauan dan umpan balik secara kontinyu dan konsisten yang dilakukan setiap hari oleh Tim Kerja Data dan Informasi Provinsi Kep. Bangka Belitung sehingga segera ditindaklanjuti oleh seluruh tim Pemutakhiran PK-23 dari Tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan Kader Pendata yang bergerak secara massif melakukan kunjungan rumah door to door demi mencapai target KK terdata 100% secara tepat waktu. 

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Masyarakat Jadi Kuat Saat Perempuan dan Anak Diberdayakan

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Data dan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Utiwi Dardini, S.Psi yang menyampaikan bahwa kunci sukses lainnya adalah bergantung dari perencanaan, time line, dan eksekusi yang tepat dalam melaksanakan strategi lapangan pada Pemutakhiran PK-23 agar target KK terdata yang telah disepakati bersama seluruh OPDKB se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa tercapai 100% dan menghasilkan data berkualitas sebagai sumbangsih terhadap pembangunan daerah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

100 Persen Smartphone

Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2023 adalah kegiatan untuk memutakhirkan Data Keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi dan mendata keluarga baru yang belum ada dalam Basis Data Keluarga Indonesia melalui kuniungan rumah ke rumah dengan cara mewawancara dan atau mengobservasi kepala keluarga, yang dilakukan secara serentak pada waktu yang telah ditentukan. 

Di Provinsi Gorontalo sendiri telah melaksanakan pemutakhiran pendataan keluarga dengan target 84.949 KK (Kepala Keluarga). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: