Anda Demam? Komsumsi Buah Buahan Ini, Dijamin Bisa Menurunkan Suhu Badan

Anda Demam? Komsumsi Buah Buahan Ini, Dijamin Bisa Menurunkan Suhu Badan

manfaat buah buahan bagi kesehatan--

DISWAYJATENG.ID - Saat mengalami demam atau suhu tubuh yang tinggi, makanan dan minuman yang tepat dapat membantu mengurangi suhu tubuh dan memberikan kelegaan. Berikut adalah beberapa buah yang diketahui memiliki sifat menenangkan dan membantu menurunkan suhu panas badan:

 

  1. Semangka
    Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan elektrolit, sehingga membantu menjaga hidrasi tubuh yang penting saat demam. Kandungan likopen dalam semangka juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan menurunkan suhu tubuh.

  2. Jeruk
    Jeruk dan buah sitrus lainnya, seperti lemon dan jeruk nipis, mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan efek penenangan. Air jeruk hangat dengan sedikit madu bisa menjadi minuman yang menyegarkan dan membantu meredakan demam.

  3. Pisang
    Pisang adalah buah yang mudah dicerna dan mengandung kalium, vitamin B6, dan serat. Pisang membantu menjaga energi dan menggantikan elektrolit yang hilang akibat demam. Pisang juga lembut pada lambung dan dapat membantu meredakan mual yang mungkin terjadi saat demam.

  4. Pepaya
    Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menenangkan perut. Buah ini juga mengandung vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat tubuh sedang melawan infeksi.

  5. Nanas
    Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan. Buah ini juga mengandung vitamin C dan mineral penting seperti mangan, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

  6. Mangga
    Mangga kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah ini membantu menjaga hidrasi dan memberikan nutrisi yang penting saat demam. Rasanya yang manis dan segar juga dapat meningkatkan nafsu makan yang mungkin berkurang saat demam.

  7. Kiwi
    Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, serta serat dan antioksidan lainnya. Buah ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan efek penenangan pada tubuh yang demam.

 

Selain buah-buahan di atas, penting juga untuk menjaga asupan cairan yang cukup dengan minum air putih, jus buah, sup hangat, atau minuman herbal yang tidak mengandung kafein.

Ingatlah bahwa buah-buahan hanya merupakan salah satu komponen dalam menjaga kesehatan saat demam, dan penting juga untuk beristirahat yang cukup dan mengikuti petunjuk dari dokter atau ahli kesehatan yang merawat Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: