Waduk Tempuran: Destinasi Wisata Alami yang Mempesona di Wilayah Blora

Waduk Tempuran: Destinasi Wisata Alami yang Mempesona di Wilayah Blora

Waduk Tempuran: Destinasi Wisata Alami yang Mempesona di Wilayah Blora-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDWisata Waduk Tempuran mempunyai kemiripan yakni hampir sama dengan bendungan lainnya yang juga memiliki fungsi dasar sebagai sebuah tempat untuk penampungan air untuk warga dan PDAM, perikanan, pertanian serta untuk mencegah banjir.

Hanya saja untuk wisata Waduk Tempuran memiliki kelebihan dan populer sebagai sebuah tempat untuk latihan atlet dayung serta destinasi wisata keluarga dan wisata kuliner yang tersedia.

 

Waduk Tempuran juga salah satu bendungan di Wilayah Blora yang memiliki fungsi tambahan sebagai sebuah objek wisata yang layak untuk kitakunjungi.

Berikut adalah asal usul dan daya tarik wisata yang satu ini, antara lain:

 

Asal Usul Adanya Waduk Tempuran

 

Wisata Waduk Tempuran sangat populer juga dengan nama, Wisata Waduk Tempuran Indah yang mempunyai arti bendungan yang tercipta dari 3 sumber mata air dan sungai.

 

Sejarah Waduk Tempuran pertamakali dibangun pada1912 dan selesai pada 1916 dengan spesifikasi volume 2.092.000 m3, luas catchment 4,3 km2, luas layanan 923 ha dan elevasi 120,60 m.

 

Seiring perkembangan jaman yang ada maka Waduk Tempuran bukan hanya sekedar sebagai penjaga kestabilan air bagi kebutuhan masyarakat saja, waduk Tempuran kemudian berkembang menjadi pusat pelatihan atlet dayung.

 

Bahkan kini fungsinya bertambah menjadi sebuah tempat wisata keluarga yang sangat populer di Blora khususnya wisata air dan kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: