Inilah 15 Hidangan Khas Cirebon yang Bisa Anda Cicipi Saat Berada di Cirebon

Inilah 15 Hidangan Khas Cirebon yang Bisa Anda Cicipi Saat Berada di Cirebon

Empal Gentong Cirebon--

DISWAYJATENG.ID - Cirebon memiliki banyak hidangan khas yang memiliki kekayaan cita rasa yang unik dan khas. Dikenal sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia, Cirebon menawarkan berbagai hidangan yang menggugah selera dan menggabungkan unsur tradisional Jawa, Sunda, dan Arab.

Berikut adalah 15 Kuliner khas Cirebon yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Cirebon:

1. Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon yang pertama ada Empal Gentong. Empal Gentong merupakan sup daging sapi yang dimasak dalam gentong.

Kuah Empal Gentong kaya akan rempah-rempah dengan rasa gurih yang lezat. Daging sapi yang empuk dihidangkan dengan irisan ketupat atau nasi.

2. Nasi Jamblang

Kuliner khas Cirebon selanjutnya ada Nasi Jamblang. Nasi Jamblang yaitu nasi putih yang dihidangkan bersama berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, ikan mas, tahu, tempe, dan sambal.

Lauk pauk tersebut diletakkan di atas daun jati dan disajikan dengan ciri khas pecak.

3. Empal Asem

Selanjutnya ada Empal Asem. Empal Asem merupakan daging sapi yang dimasak dengan bumbu asam. Rasa daging yang empuk disajikan bersama rasa asam dari bumbu membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang unik.

4. Doclang

Berikutnya ada hidangan khas cirebon yaitu Doclang. Doclang yaitu mi goreng khas Cirebon. Mi digoreng dengan menggunakan bumbu yang khas dan diberi taburan bawang goreng serta irisan mentimun dan telur ceplok di atasnya.

5. Tahu Gejrot

Lalu hidangan khas cirebon yang  kelima ada Tahu Gejrot. Tahu Gejrot adalah tahu goreng yang dihidangkan dengan kuah khas Cirebon yang terbuat dari petis, air asam, dan gula merah. Tahu gejrot sendiri memiliki rasa asam, manis, dan pedas yang segar.

6. Soto Kuning

Lalu berikutnya ada Soto Kuning. Makanan ini adalah sup ayam dengan kuah kuning yang kaya rempah. Dalam hidangan ini, ayam, tauge, kentang, dan telur rebus disajikan bersama dengan kuah yang gurih.

7. Empal Daging

Selanjutnya ada Empal Daging. Hidangan ini merupakan irisan tipis daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah dan kemudian digoreng. Hidangan ini memiliki rasa gurih dengan sedikit rasa manis.

8. Nasi Lengko

Selanjutnya ada Nasi Lengko. Nasi Lengko merupakan nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, tauge, dan lontong. Semua bahan tersebut dilengkapi dengan bumbu kacang, kecap manis, dan taburan bawang goreng.

9. Tahu Petis

Tahu Petis merupakan tahu goreng yang disajikan dengan saus petis yang kental dan gurih. Hidangan ini juga biasanya ditambahkan dengan irisan mentimun dan sambal.

10. Tahu Tek

Tahu Tek yaitu hidangan berbahan dasar tahu goreng yang disajikan dengan campuran bumbu kacang, petis, kecap manis, dan taburan bawang goreng. Rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas.

11. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud merupakan varian Empal Gentong yang terkenal di Cirebon. Kuahnya memiliki rasa yang lebih kaya dan kental, dengan daging sapi yang empuk.

12. Nasi Megono

Nasi Megono ialah nasi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Cirebon seperti lengkuas, kunyit, serai, dan daun salam. Biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam atau ikan.

13. Mie Koclok

Mie Koclok merupakan hidangan mie kuah dengan bahan dasar mie kuning yang dimasak dengan kuah kaldu ayam yang kental. Ditambah dengan potongan ayam, tauge, daun bawang, dan bawang goreng.

14. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom yaitu hidangan nasi putih yang dicampur dengan oncom goreng dan bumbu seperti terasi, garam, dan cabai. Rasanya gurih dengan aroma yang khas.

15. Empal Pengampon

Empal Pengampon merupakan empal yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan, bawang goreng, dan bumbu rempah. Daging sapi yang empuk dan kuah yang lezat membuat hidangan ini menjadi favorit di Cirebon.

Itulah 15 hidangan khas cirebon yang bisa anda coba saat berada di cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: