Jangan Emosi dan Panik Dulu Saat Hp Lemot! Cek Dulu Penyebabnya dan Ini Cara Mengatasinya

Jangan Emosi dan Panik Dulu Saat Hp Lemot! Cek Dulu Penyebabnya dan Ini Cara Mengatasinya

--

DISWAYJATENG – Seringkali kita menjadi emosi ketika mengalami situasi hp lemot. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas anda dalam berkomunikasi.

Hp lemot tidak secara otomatis terjadi begitu saja, tentunya banyak faktor yang menyebabkan terjadi lemot. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab hp lemot dan cara mengatasinya.

Melansir dari laman Viva.com, ada banyak hal yang meyebabkan hp menjadi lemot.

Cara mengatasi hp lemot, khususnya smartphone tentu mudah kita lakukan. Memiliki hp yang lemot atau berjalan lambat akan menghambat kinerja ponsel dan menjadi kurang maksimal. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi hp lemot, ada baiknya untuk tahu apa penyebab hp bisa jadi lemot.

Penyebab Hp Lemot

1.    Memori atau Kapasitas Penyimpanan Full

Sebagian besar orang biasanya kurang peduli pada memori penyimpan dan langsung memasang banyak aplikasi pada ponsel. Aplikasi-aplikasi yang menumpuk dan jarang sekali anda pakai tersebut akan menyedot memori penyimpanan, yang mana akan membuat hp berat untuk bekerja, dan membuat hp jadi lemot.

2.    Memori Internal Terlalu Penuh

Kecepatan memori internal akan menurun seiring makin banyaknya data yang tersimpan. Data tersebut bisa berupa aplikasi, foto, video, atau file lainnya yang tidak kamu hapus selama bertahun-tahun. Hal ini sangat memengaruhi kerja dan kecepatan hp.

3.    Kesehatan Baterai Menurun

Baterai yang sudah menurun kualitasnya juga dapat memengaruhi performa HP. Jadi penting juga untuk merawat daya tahan baterai dengan tidak membiarkannya di-charge terlalu lama.  Cara mengatasi HP lemot dan panas karena terlalu lama digunakan yakni dengan memastikan bahwa pastikan cukup mengistirahatkan ponsel. Isi ulang dayanya bila angka baterai sudah menunjukkan 25%. Terlebih untuk pengguna ponsel yang digunakan untuk kerja dengan performa tinggi.

4.    RAM & Memori Flash Storage

Degradasi RAM dan memori flash storage juga bisa mengalami penurunan layaknya baterai. Penyebabnya bisa karena adanya aktivitas penulisan dan penghapusan data yang ternyata mengurangi performanya. Efeknya, potensi hp lambat pun jadi makin besar. Update Sistem Operasi Tidak Sesuai Melakukan update sistem operasi memang penting karena dapat memengaruhi peningkatan kinerja. Namun, ada juga update sistem operasi yang memakan space tersendiri pada memori internal. Hal ini yang perlu untuk anda pertimbangkan. Pasalnya memori dan RAM yang rendah akan membuat HP lambat jika dipaksakan untuk tetap melakukan update.Jika ingin tetap melakukan update terbaru dan ponsel kamu tidak mendukung, mungkin ini saatnya mengganti HP.

Cara Mengatasi HP Lemot

1.    Selalu Perbarui Software atau Sistem Perangkat

Salah satu cara mengatasi HP lemot adalah memperbarui sistem dan perangkat lunak. Oleh karena itu, segera lakukan update jika ada pemberitahuan untuk perbarui sistem dan perangkat lunak (update software). Langkah ini penting demi memperbaiki masalah yang mungkin dibawa oleh sistem sebelumnya.

2.    Perhatikan Memori Hp

Cara pertama mengatasi HP lemot adalah dengan memperhatikan jumlah memori hp tersebut. Karena, jika terlalu penuh maka hp akan semakin "berat" untuk bekerja. Setiap smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga memengaruhi performa smartphone. Saat memori internal yang tersedia tinggal sedikit, hal ini akan membuat kinerjanya jadi lambat.

Untuk mengatasinya, hindari menyimpan banyak data hingga memenuhi memori internal. Jika kamu perlu menyimpan banyak data di ponsel, usahakan untuk memiliki smartphone yang dibekali dukungan kartu memori atau dengan memori internal yang besar.

3.    Gunakan Memori Eksternal

Salah satu cara mengatasi HP lemot berikutnya adalah penggunaan memori eksternal. Salah satu penyebab HP lemot yaitu karena kapasitas memori yang sudah penuh, sehingga sistemnya semakin sulit untuk berfungsi.

4.    Install Antivirus

Cara mengatasi HP lemot yang perlu dilakukan yakni dengan cara instal antivirus. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah virus-virus untuk merusak sistem HP.

5.    Gunakan Hanya 1 Antivirus

Meski instal antivirus, namun pastikan hp hanya memiliki 1 virus. Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus terus berjalan di background.

Dampaknya RAM jadi boros dan performa hp jadi lemot. Jadi, cukup menggunakan satu aplikasi antivirus, atau bahkan tidak menggunakannya. Pasalnya aplikasi antivirus tidak begitu penting digunakan di smartphone seperti Apple.

6.    Kurangi atau Matikan Animasi di HP

Penggunaan animasi yang bergerak juga dapat membuat HP lemot, memakan memori yang cukup besar, menyebabkan baterai HP lebih cepat habis, dan memengaruhi sistem pengoperasian HP. Sebaiknya, kurangi atau matikan sistem animasi untuk mengatasi HP lemot.

7.    Bersihkan Junk, Cache dan File Tak Terpakai

Membersihkan junk, cache, dan file yang tak terpakai di HP bisa juga dilakukan sebagai cara mengatasi HP lemot. Sebab, sistem HP akan mengira file-file tersebut sebagai ‘sampah’. Sehingga jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan HP jadi lemot.

8.    Hapus Aplikasi yang Tak Digunakan

Cek kembali aplikasi pada hp. Apakah ada aplikasi yang memang tidak terpakai, maka sebaiknya segera uninstall. Apabila dibiarkan menumpuk tak beroperasi, aplikasi tersebut hanya akan menumpuk di ruang penyimpanan atau bandwidth.

9.    Cek Koneksi Wifi

Terkadang hp yang terasa lemot bukan selalu karena sistemnya, melainkan bisa dipengaruhi koneksi Wifi atau masalah jaringan seluler lewat data. Cobalah periksa koneksi WiFi dan alihkan ke jaringan WiFi lain atau pindah ke lokasi lain yang memang mampu menangkap sinyal kuat.

10. Gunakan Aplikasi Serba Guna

Untuk mengatasi hp yang mulai berkurang performanya, bisa menggunakan aplikasi serbaguna. Jika antivirus akan membantu mengetahui malware, berbeda dengan aplikasi serbaguna yang akan membantu mendeteksi penyebab lambatnya hp. Dua aplikasi yang akan membantu adalah Aplikasi App2SD dan Clean Master. Berikut ini penjelasan detailnya.

a.    Aplikasi Apps2SD

Aplikasi satu ini bisa dijadikan salah satu cara mengatasi hp lemot ketika ponsel belum di-root. Dari aplikasi satu ini pengguna akan mendapatkan beberapa fungsi sekaligus seperti memaksimalkan partisi SD Card, dapat melakukan backup aplikasi, memperoleh linkaplikasi ke memory card, dan masih banyak lagi.

b.    Clean Master

Aplikasi ini akan berguna untuk mengatasi lambatnya penggunaan hp ketika belum di-root. Clean master akan membantu membersihkan ‘sampah’ ponsel dengan lebih baik.

Pengguna bisa mengklik aplikasi ini secara berkala dan teratur. Tak hanya itu saja, Clean Master akan berguna untuk mendeteksi dan meredakan suhu panas pada ponsel, sehingga sangat cocok  digunakan sebagai aplikasi yang serbaguna.

11. Lakukan Factory Reset

Upaya akhir sebagai cara mengatasi HP lemot yakni lakukan factory reset. Pastikan data-data penting telah dipindahkan ke memori lain agar tidak ikut terhapus.

BACA JUGA:Jarang Ada yang Tau! Ini Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas dengan Mudah 

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi hp lemot. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda selaku pengguna hp. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: