Jangan Bodoh! Ini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Jangan Tertipu

Jangan Bodoh! Ini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Jangan Tertipu

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membedakan madu asli dan palsu--

DISWAYJATENG – Membedakan antara madu asli dan palsu terkadang masih menjadi persoalan tersendiri. Masih banyak orang yang tertipu dalam membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Semakin banyaknya para pedagang madu yang menyatakan bahwa produk mereka asli, maka hal ini secara tidak langsung menunjukkan banyak juga produk palsu yang beredar.

Cara membedakan madu asli dan palsu sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan anda mengerti cara membedakannya secara benar. Sejak dulu madu memang sudah oarng kenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika madu banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti pengobatan, campuran minuman hingga campuran makanan.

Melansir dari Healthline, madu mempunyai kandungan antioksidan seperti zat flavonoid dan polifenol yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan tersebut rupanya mampu membantu tubuh dalam melawan peradangan. Karenanya, madu juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan sistem imunitas tubuh.

Karena banyaknya peminat, tidak sedikit oknum nakal memanfaatkan peluang tersebut. Hal itu membuat madu palsu sering kali banyak ditemukan di pasaran. Mau tidak mau, masyarakat harus bisa tahu cara membedakan madu asli dan palsu.

Lantas bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu beserta ciri-cirinya?

Melansir dari Healthline, berikut ini beberapa cara membedakan antara madu asli dengan yang palsu:

1.    Kain Putih

Selain itu kalian juga bisa menggunakan media kain putih sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Caranya cukup mudah yaitu dengan meneteskan satu sendok teh madu ke kain putih atau kertas isap. Apabila madu langsung meresap, hilang ataupun meninggalkan noda, ada kemungkinan madu tersebut palsu. Hal ini karena madu asli tidak akan meninggalkan noda atau terserap pada kain putih.

2.    Korek Api

Kalian dapat menggunakan media korek api untuk mengetahui keaslian madu. Caranya pun cukup mudah yakni dengan melumuri madu ke ujung korek api kayu. Setelahnya cobalah menggesekkan ujung korek api yang telah diolesi dengan madu untuk dinyalakan. Jika korek api masih menyala usai diberi madu, maka madu tersebut adalah asli.

Sebaliknya, apabila korek api tidak mau menyala, kemungkinan besar madu tersebut sudah dicampur dengan bahan lain atau palsu.

3.    Kertas

Cara membedakan madu asli dan palsu yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan media kertas. Kalian bisa mencoba menuangkan atau meneteskan madu pada kosong. Kemudian cobalah untuk merobek kertas tersebut. Apabila kertas tidak mudah robek, maka madu tersebut murni atau asli. Sebaliknya, jika kertas mudah robek, maka madu tersebut telah dicampur atau palsu.

4.    Rebus dengan Sendok

Cara membedakan madu asli dan palsu selanjutnya bisa dengan merebusnya dengan sendok. Caranya yaitu cukup dengan menuangkan madu ke sendok dan panaskan di atas api atau lilin.

Jika madu mengeluarkan busa cukup banyak bahkan hampir atau tumpah dari sendok, maka madu tersebut bisa dibilang asli atau murni. Tetapi, apabila madu hanya mengeluarkan sedikit busa, maka kemungkinan madu tersebut palsu atau sudah dicampuri dengan bahan lain.

5.    Meneteskan pada Air

Kalian juga bisa coba dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Apabila tetesan madu tidak tercampur dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sebaliknya, jika tetesan madu tercampur atau terapung dalam air, maka madu bisa dikatakan palsu atau telah dicampur.

6.    Menggunakan Cuka

Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa menggunakan cuka sebagai salah satu cara membedakan madu asli dan palsu. Caranya cukup mudah yaitu cukup dengan mencampurkan satu sendok makan madu, sedikit air dan 2 hingga 3 tetes sari cuka. Apabila campuran tersebut berbusa, ada kemungkinan besar madu sudah dicampur dengan bahan lain atau palsu.

7.    Gunakan Ibu Jari

Selanjutnya bisa mencoba menuangkan sedikit madu pada ibu jari. Periksalah apakah madu akan tumpah atau menyebar ke jari lain dengan cepat. Apabila seperti itu, kemungkinan madu tersebut palsu. Sebab, madu murni memiliki tekstur kental dan tidak berair. Sehingga apabila dioleskan, madu tidak akan mudah menetes.

8.    Membekukan Madu

Bisa juga mencobanya dengan membekukan madu ke dalam freezer. Apabila madu tidak membeku setelah beberapa lama di freezer, maka bisa dikatakan asli. Sebaliknya, jika madu menjadi beku, madu tersebut kemungkinan telah dicampur atau palsu.

9.    Tes Kuning Telur

Cara membedakan madu asli dan palsu lainnya yaitu dengan tes kuning telur. Saat madu murni dicampur dengan kuning telur, nantinya kuning telur akan terlihat seperti sudah matang. Sebaliknya jika madu palsu dicampurkan dengan kuning telur, maka kuning telur tidak akan mengalami perubahan apapun alias tidak terpengaruh.

10. Tes pada Roti

Cara membedakan madu asli dan palsu yang terakhir adalah dengan tes pada roti. Apabila kalian mengoleskan madu murni pada roti, irisannya akan mengeras. Sedangkan, roti yang dioleskan dengan madu palsu, maka di atasnya akan tetap lembap.

BACA JUGA:Ajaib! Hanya Dengan Aksesoris Rambut Ini Tampilan Lebih Cantik 10 Kali, Pria Langsung Jatuh Cinta

Nah, itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membedakan antara madu asli atau palsu. Dengan harapan anda akan bisa membedakan mana yang asli dan yang palsu. Selamat mencoba. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: