Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Inilah 10 Sosok Hantu yang Menyeramkan di China

Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Inilah 10 Sosok Hantu yang Menyeramkan di China

--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Hantu adalah mahluk astral yang ada di sekeliling kita. Mereka biasanya diciptakan melalui berbagai legenda dan kisah turun temurun.

Beberapa diantaranya memiliki kisah pilu dan tragis sehingga arwah hantu tersebut akhirnya bergentayangan selamanya. Indonesia memiliki sejumlah hantu kepercayaanya sendiri, antara lain pocong, kuntilanak dan lain-lain. Jepang juga memiliki hantu-hantunya sendiri.

Negeri China pun demikian. Mereka tidak hanya terkenal sebagai negeri ginseng, tapi juga memiliki berbagai kisah-kisah hantu yang sangat menyeramkan dan bikin bulu kuduk merinding.

Dari mulai hantu yang berkeliaran di jalanan, sampai sosok hantu yang harus selalu dilempari koin emas, biar nggak mengganggu manusia. Serem, kan?

Berikut adalah 10 hantu yang paling menyeramkan di China:

1. Bā Jiāo Guǐ

Hantu yang satu ini mirip dengan kuntilanak dalam legenda di Indonesia. Ba jiao gui merupakan hantu perempuan yang diyakini tinggal di pohon pisang.

Terkadang ia membawa bayi dan meratap di bawah pohon pisang tersebut pada malam hari.

2. Niú Tóu dan Mǎ Miàn

Niu Tou dan Ma Mian adalah sepasang penjaga menakutkan dari Di Yu (neraka) dalam mitologi Tiongkok, tempat roh yang sudah meninggal akan menerima pengadilan atas perbuatan mereka sebelum bereinkarnasi.

Sebagaimana arti nama mereka, Niu Tou memiliki arti kepala kerbau dan Ma Mian berkepala kuda. Mereka juga disebut Ngau Tau Ma Min dalam dialek Kantonis dan Gu Tau Beh Bin atau Gu Thou Be Bin dalam dialek Hokkien.

3. Vampir (Jiang Shi)

Hantu asal China ini akan bergentayangan dengan menggunakan Jubah seramnya sambil melompat-lompat.

Di negara China hantu ini disebut dengan nama Jiang Shi, dipercaya oleh adat istiadat masyarakat China jika Jiang Shi ini tercipta ketika jiwa seseorang gagal meninggalkan tubuhnya setelah kematian tiba.

4. Nu Gui

Nu Gui merupakan hantu wanita berambut panjang dan bergaun putih. Hantu ini diduga berasal dari wanita-wanita yang semasa hidupnya meninggal bunuh diri sambil mengenakan gaun merah.

Biasanya mereka meninggal karena pelecehan seksual dan perampokan.

5. Wú Tóu Guǐ

Tanpa kepala, hantu yang satu ini justru berkeliaran tanpa tujuan yang jelas. Hantu ini adalah roh-roh orang yang dibunuh dengan cara dipenggal.

Dalam beberapa cerita rakyat Tiongkok, hantu ini konon akan mendekati seseorang di malam hari dan meminta kepala orang tersebut.

BACA JUGA:Ternyata Korea juga Punya Hantu! Inilah 8 Sosok Hantu Yang Paling Seram Di Korea

6. Yuàn Guǐ

Yuan gui berkeliaran di dunia orang hidup sebagai roh tertekan dan gelisah yang terus-menerus berusaha agar keluhan mereka ditebus. Dalam beberapa cerita, hantu ini akan mendekati seseorang yang hidup dan berusaha untuk berkomunikasi dengan orang tersebut dalam rangka untuk memberi petunjuk atau bukti yang bisa mengungkapkan kebenaran tentang kematian mereka.

Orang hidup tersebut akan membantu yuan gui membersihkan nama mereka atau memastikan bahwa keadilan ditegakkan.

7. Guǐ Pó

Gui po adalah hantu berbentuk sosok wanita tua yang ramah. Konon mereka adalah roh baik yang dulunya bekerja sebagai pembantu di sebuah keluarga kaya.

Dan kemudian mereka kembali untuk membantu tuan mereka.

8. Yóu Hún Yě Guǐ

You hun ye gui mengacu pada roh orang mati yang terus berkeliaran. Mereka berkeliaran di dunia orang hidup dalam Bulan Lunar Ketujuh (biasanya sekitar bulan Agustus dalam kalender Gregorian) selama Festival Hantu berlangsung.

Roh-roh you hun ye gui meliputi: hantu pendendam yang ingin membalas dendam pada orang-orang yang telah menyinggung mereka semasa hidup.

Beberapa roh ini tidak memiliki kerabat yang tinggal atau tidak memiliki tempat peristirahatan yang jelas, sementara yang lain mungkin kehilangan arah dan tidak dapat kembali ke akhirat sehingga mereka terus menjelajah dunia orang hidup setelah Bulan Lunar Ketujuh.

9. Hēibái Wúcháng

Heibai Wuchang adalah dua dewa, satu pendek, satu tinggi, dan keduanya dirantai menjadi satu pada pergelangan kaki mereka. Mereka bertugas memberi berkah pada orang baik dan hukuman pada orang jahat.

Keduanya adalah bawahan Yan Luo Wang (阎罗王) atau raja akhirat dalam kepercayaan Taoisme. Ia bertugas untuk mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia di dunia.

10. È Guǐ

E gui diyakini sebagai roh dari orang-orang yang melakukan dosa karena keserakahan mereka ketika masih hidup, dan telah dikutuk untuk menderita kelaparan setelah kematian.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber