8 Hewan Ini Konon Kerap Dikaitkan Dengan Hal Gaib, Apa Saja?

8 Hewan Ini Konon Kerap Dikaitkan Dengan Hal Gaib, Apa Saja?

Ilustrasi hewan yang dikaitkan dengan makhluk gaib--pinterest

DISWAYJATENG.ID - 8 Hewan Ini Konon Kerap Dikaitkan Dengan Hal Gaib, Apa Saja? Percaya atau tidak, keberadaan makhluk astral dapat diketahui melalui berbagai pertanda.

Salah satunya dengan memperhatikan tingkah laku binatang tertentu. Seperti diketahui, selama ini hewan dikenal memiliki indera yang sangat tajam sehingga dapat merasakan kehadiran makhluk-makhluk astral di sekitar mereka.

Bukan hanya manusia yang bisa merasakan, hewan pun bisa merasakan hal-hal yang berbau gaib tersebut.

Berikut 8 hewan yang kerap dihubungkan dengan adanya keberadaan hal gaib, yuk simak!

1. Burung Hantu

Jika di film Harry Potter burung hantu sering digambarkan sebagai binatang yang lucu dan menggemaskan, di kehidupan nyata burung ini justru sering dikatikan dengan hal-hal berbau mistis. Menurut mitos, burung hantu dapat merasakan kehadiran sosok makhluk astral seperti kuntilanak dan pocong.

2. Anjing

Hewan menggemaskan nan lucu ini seringkali dikaitkan dengan berbagai hal mistis karena dipercaya dapat melihat kehadiran makhluk astral. Apalagi jika mereka melolong saat tengah malam.

Mitos ini bahkan diadaptasi oleh sejumlah film horror Indonesia yang kerap memasukkan suara lolongan anjing untuk menambah nuansa kelam dan menakutkan.

3. Tokek

Selain cecak, reptil lainnya yang kurang disukai dan kerap dikaitkan masyarakat Indonesia adalah tokek. Binatang yang satu ini konon berhubungan dengan ilmu sihir.

Bahkan ada juga yang mengatakan, tokek adalah binatang jelmaan jin atau setan. Mitos tokek tidak jauh berbeda dari cecak. Apabila mendengar tokek berbunyi, kabarnya di tempat tersebut sedang ditunggui oleh makhluk halus.

Gekko gecko merupakan hewan yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Dengan beragam varian tokek, beragam pula mitos dan legenda seputar tokek.

Tokek di Tiongkok dan negara-negara sekitarnya dianggap simbol kemakmuran dan kesuburun. Sebab, bentuk tubuh tokek mirip dengan naga.

Bunyi tokek yang sering Anda dengar sendiri merupakan suara untuk memanggil pasangan. Berdasarkan sejumlah penelitian, tokek mengeluarkan bunyi ‘tokek, tokek’ saat memasuki musim kawin.

4. Cecak

Tak banyak orang yang suka dengan hewan yang satu ini. Selain jorok, cecak merupakan hewan yang mengandung mitos unik dan masih dipercaya di Indonesia.

Salah satunya, cecak harus segera dibunuh jika cecak jatuh tepat di atas kepala seseorang. Karena jika tidak, salah satu anggota keluarga kita akan meninggal.

Selain itu cecak juga dapat menunjukkan keberadaan makhluk halus. Konon, maka di situ sedang hadir makhluk halus jika ada cecak di dalam ruangan dan berbunyi.

Namun, belum ada penelitian mengenai sistem indera famili Gekkonidae. Hubungan cecak dan makhluk sulit dihubungkan.

Namun, kehadiran cecak di rumah bisa menjadi tanda rumah Anda banyak serangga. Cecak biasanya mencari serangga-serangga kecil seperti nyamuk dan laron. Jadi coba periksa sudut-sudut rumah, mungkin saja ada wadah penampung air yang mulai dipenuhi jentik nyamuk.

BACA JUGA:8 Jenis Hantu Indonesia yang Paling Seram dan Terkenal di Penjuru Nusantara

5. Kucing hitam

Menurut mitos yang berhembus, jika Anda melihat seekor kucing hitam yang berkeliaran di sore hari tepatnya menjelang maghrib, itu sebetulnya bukan kucing biasa melainkan jelmaan makhluk astral.

Beberapa mitos juga mengatakan bahwa seseorang yang melihat kucing hitam masuk ke rumahnya menandakan mereka akan mengalami kesialan. Tidak hanya itu, kucing hitam yang melangkahi mayat juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang tidak baik.

6. Burung gagak

Selain burung hantu, burung gagak juga sering diidentikan dengan hal-hal berbau mistis dan kematian. Banyak orang yang percaya bahwa jika disekitar mereka melihat dan mendengar suara burung gagak, itu pertanda akan ada yang meninggal.

Namun, ada juga yang berasumsi bahwa suara burung gagak menandakan kehadiran sesosok makhluk halus.

7. Ayam jago

Mitos mengenai ayam jago mungkin kerap didengar. Pernah mendengar ayam jago berkokok di tengah malam atau dini hari?

Menurut mitos, berkokoknya ayam di waktu yang tak biasa berkaitan dengan hal baik. Yakni ayam tersebut sedang melihat malaikat yang turun ke bumi.

Walau demikian, penelitian Takashi Yoshimura dari Nagoya University menyebut ayam berkokok di malam dan pagi hari karena hormon hingga pengaruh eksternal seperti cahaya lampu mobil.

Berdasarkan riset yang dirilis Current Biology tersebut, ayam memiliki sistem jam sirkadian (sering disebut jam biologis) yang baik. Hal ini yang membuat ayam selalu berkokok ketika waktu fajar.

8. Ular

Ular memang salah satu jenis hewan yang dianggap sangat menakutkan. Geraknya yang cepat, dan juga beberapa ular memiliki yang bisa mematikan.

Sehingga siapapun yang melihat hewan disekitar rumah akan ketakutan. Sebagian orang percaya jika ular merupakan jelmaan dari sosok siluman yang menakutkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber