Rumah Banyak Kecoak? Ternyata 7 Hal Ini yang Memicu Kedatangan Kecoak di Rumah

Rumah Banyak Kecoak? Ternyata 7 Hal Ini yang Memicu Kedatangan Kecoak di Rumah

Ilustrasi kecoak--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Kecoak adalah sejenis serangga yang termasuk dalam ordo Blattodea. Mereka dikenal sebagai hama yang umum di berbagai belahan dunia, terutama di daerah yang hangat dan lembap.

Kecoak biasanya aktif pada malam hari dan memiliki kecenderungan untuk bersembunyi di tempat-tempat gelap dan tersembunyi pada siang hari. Mereka dapat ditemukan di berbagai lingkungan, seperti rumah, restoran, tempat penyimpanan makanan, dan daerah yang kotor dan lembap.

Kecoak umumnya memakan berbagai jenis makanan, termasuk sisa-sisa makanan, kotoran, dan bahan organik lainnya. 

Berikut 7 hal yang Bisa memicu kedatangan kecoak di Rumah:

1. Kebersihan rumah yang buruk

kebersihan yang buruk dapat menjadi faktor yang memicu kecoak datang ke rumah. Kecoak sangat tertarik pada sisa-sisa makanan, tumpukan sampah, dan kotoran.

Jika rumah tidak dijaga kebersihannya dengan baik, maka akan ada banyak potensi makanan yang tersedia untuk kecoak. Kecoak adalah serangga yang memiliki kemampuan mencium bau makanan dari jarak yang jauh.

Mereka dapat mendeteksi bau makanan yang tidak terlalu kuat dan datang menuju sumber makanan tersebut. Jika ada sisa-sisa makanan yang terbuka atau tumpukan sampah di dalam rumah, kecoak akan terpicu dan tertarik untuk mendekatinya.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh.

2. Ketersediaan Makanan

ketersediaan makanan yang terbuka atau mudah dijangkau dapat memicu kecoak datang ke rumah. Kecoak adalah serangga pemakan segala yang dapat memakan hampir semua jenis makanan.

Jika ada makanan yang tersedia secara terbuka di rumah, seperti di meja makan, di wastafel yang tidak dibersihkan dengan baik, atau di tempat-tempat lain yang mudah dijangkau oleh kecoak, mereka akan terdorong untuk mendekatinya.

Kecoak memiliki indra penciuman yang sangat sensitif. Mereka dapat mendeteksi bau makanan dari jarak yang jauh. Bau makanan yang menarik dapat menarik kecoak untuk mendekat dan mencari sumber makanan tersebut.

3. Kondisi kelembapan yang tinggi

kondisi kelembapan yang tinggi di dalam rumah dapat menjadi faktor yang memicu kecoak datang. Kecoak adalah serangga yang menyukai lingkungan yang lembap.

Jika ada kelembapan yang tinggi di dalam rumah, hal ini dapat menjadi tempat yang menarik bagi kecoak untuk berkembang biak dan tinggal.

Kebocoran pipa, keran yang bocor, atau saluran pembuangan yang rusak dapat menyebabkan kelembapan di dalam rumah. Kelembapan yang disebabkan oleh kebocoran air dapat menciptakan kondisi yang ideal bagi kecoak untuk hidup.

Ventilasi yang buruk atau kurangnya sirkulasi udara di dalam rumah dapat membuat udara terperangkap dan meningkatkan kelembapan. Ruangan-ruangan seperti kamar mandi atau dapur yang tidak memiliki ventilasi yang baik dapat menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi kecoak.

BACA JUGA: Mau Rumah Aman dari Tikus? Berikut 7 Cara Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Tikus

4. Adanya retakan dan celah di rumah

retakan dan celah di rumah dapat menjadi pintu masuk bagi kecoak. Kecoak memiliki kemampuan untuk masuk melalui celah atau retakan yang sangat kecil di dinding, pintu, atau jendela.

Beberapa contoh retakan atau celah yang mungkin menjadi tempat masuk kecoak meliputi celah di sekitar pipa, retakan di dinding yang rusak, celah di sekitar jendela yang tidak tersegel dengan baik, atau celah di bawah pintu yang tidak rapat. Kecoak dapat menggunakan celah-celah ini untuk masuk ke dalam rumah.

5. Kondisi lingkungan sekitar rumah

lingkungan sekitar rumah juga dapat mempengaruhi kehadiran kecoak di dalam rumah. Jika ada tempat-tempat di sekitar rumah yang memiliki populasi kecoak yang tinggi, seperti restoran, gedung dengan masalah kecoak, atau lingkungan yang kotor dan lembap,

maka kecoak dapat berpindah dan masuk ke rumah Anda.

6. Jangan mengoleksi kardus

Kardus merupakan daya tarik besar bagi kecoak. Kardus menawarkan perlindungan, kehangatan, kesunyian, dan bahkan sumber makanan. Jadi, tidak heran kecoak adalah penggemar beratnya.

Pastikan Anda merapikan gudang dan singkirkan semua kardus yang tidak perlu.

7. Tempat sampah terbuka

Hanya karena Anda telah membuang semua sisa makanan, masalah kecoak tidak berhenti di situ. Jika tempat sampah atau sampah Anda tidak ditutup dengan baik, itu akan terus menarik kecoak ke rumah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber