Ini Alasan Kucing Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik, Bisa Bikin Pemiliknya Cerdas

Ini Alasan Kucing Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik, Bisa Bikin Pemiliknya Cerdas

--

DISWAYJATENG.ID - Ini Alasan Kucing Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik, Bisa Bikin Pemiliknya Cerdas. Apakah Anda memiliki kucing peliharaan di rumah? Jika iya, Anda beruntung karena kucing menjadi hewan peliharaan terbaik.

Kucing memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan. Mulai dari bentuk tubuh kucing, suara, dan gerakan ekornya membuat kucing terlihat menggemaskan. Selain memiliki tingkah yang menggemaskan, kucing juga bermanfaat sebagai hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan emosional bagi pemiliknya.

Berikut beberapa alasan kucing menjadi hewan peliharaan terbaik:

1. Mengurangi rasa kesepian

Kucing bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat penyayang dan mereka dapat mengurangi perasaan kesepian dengan memenuhi kebutuhan Anda akan persahabatan.

Menurut sebuah penelitian di Austria, memiliki kucing hampir setara dengan memiliki pasangan romantis.

2. Kucing hewan yang bersih

Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat dirinya sendiri.Tidak seperti anjing, kucing juga lebih jarang pergi keluar rumah untuk sekadar berguling-guling di tanah, berkelahi, dan melakukan tindakan tidak menyenangkan lainnya.

Hal tersebut, sangat lekat dengan fakta bahwa kucing sangat pandai menjaga kebersihan diri. Kucing pun biasanya merasa lebih lembut dan bersih daripada anjing dan banyak hewan lain saat kita membelainya.

3. Bertingkah aneh

Meski menggemaskan, kucing seringkali bertingkah aneh saat sendiri atau bersama kucing lain. Hewan ini juga melakukan hal-hal berbahaya. Semua tingkah anehnya justru membuat manusia tersenyum dan menjadi hiburan tersendiri.

4. Menghilangkan rasa stres

Melansir situs Psycology Today, orang yang memelihara kucing memiliki resiko serangan jantung yang lebih rendah. Hasil penelitian lain mengungkapkan, memelihara kucing dapat menurunkan tekanan darah.

Memelihara kucing juga dapat memberikan efek meningkatkan dopamin dan serotonin dalam tubuh manusia. Hormon-hormon tersebut dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Mau Rumah Aman dari Tikus? Berikut 7 Cara Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Tikus

5. Kucing membuat kita lebih cerdas

Penelitian menunjukkan, pemilik kucing cenderung lebih cerdas daripada pemilik anjing, terlepas dari seberapa cerdas hewan peliharaan mereka yang sebenarnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carroll University di Wisconsin, para peneliti mencari ciri-ciri kepribadian pada 600 siswa yang sesuai dengan pilihan kepemilikan hewan peliharaan.

Mereka menemukan, pecinta anjing cenderung lebih lincah, ramah, energik, dan taat aturan, namun pemilik kucing lebih unggul dalam hal kepekaan, keterbukaan pikiran, ketidaksesuaian, dan kecerdasan.

6. Pendamping yang baik

Seekor kucing dapat menghabiskan sekitar 15 jam sehari untuk tidur. Mereka bisa diajak untuk menemani Anda bermalas-malasan atau saat sedang menonton TV sepanjang hari.

Kucing juga selalu hadir menemani Anda ketika sedang makan. Meskipun sebenarnya mereka tidak hanya sekedar ingin menemani, melainkan ingin meminta bagian.

7. Menggemaskan

Kucing menjadi hewan peliharaan paling populer karena tingkahnya yang menyenangkan, menggemaskan, penuh kasih, dan membuat pemiliknya bahagia.

Mereka juga hewan yang aktif sehingga cocok dijadikan sahabat dan teman bermain, serta tidak harus selalu diajak berjalan-jalan.

8. Pemburu yang rajin

Kucing bisa menjadi peliharaan yang bisa bekerja mengatasi hewan-hewan pengerat kecil yang ada di rumah seperti serangga dan tikus.

Selain itu, berkat naluri pemburunya, kucing juga senang diajak bermain dengan permainan “berburu” interaktif seperti mengejar tikus mainan atau lampu laser.

9. Hewan yang suci dari najis

Kucing juga merupakan salah satu hewan yang suci dari najis. Apalagi Rasul pernah berlibur di dalam HR Malik bahwa badan, keringat, bekas sisa makanan, dan air liur kucing itu suci. Apalagi, air liurnya itu bersifat menyucikan atau membersihkan.

Hal ini dapat dibuktikan bahwa kucing kerap menjilati bagian tubuhnya. Itu menjadi momen kucing membersihkan badannya dari kotor. Bukan hanya dirinya sendiri, kucing juga membantu menjilati badan kucing lain yang disayanginya, seperti contohnya anaknya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber