Ada Istilah Skena dan Kalcer, Ini Artinya!

Ada Istilah Skena dan Kalcer, Ini Artinya!

Metal--Istilah Skena dan Kalcer

DISWAYJATENG.ID - Istilah skena dan kalcer saat ini tengah marak di media sosial seperti TikTok, Twitter, dan Instagram. Tak sedikit pula content creator yang membuat konten mengenai kedua istilah tersebut.

 

Lantas apa sebenarnya arti skena dan kalcer yang kini tengah ramai diperbincangkan di media sosial?

 

Urban Dictionary mendefinisikan skena sebagai subkultur yang menyebar cukup cepat. Bila dalam konteks fashion, skena merujuk pada orang yang mengenakan pakaian berwarna cerah, kaos bergambar, dan skinny jeans.

 

Konten yang dimuat biasanya pun menyinggung seseorang apabila Ia memiliki kepercayaan diri tinggi dan sifat yang tidak mau direndahkan, maka dijuluki sebagai anak Skena. Selain itu, aliran musik yang digemari biasanya beraliran rock atau techno.

 

Istilah Skena

 

Secara harfiah, kata skena hingga saat ini belum tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

BACA JUGA: 

Viral di Tegal! Caffe dan Resto dengan Consep Outdor yang Instagramamble Banget Lengkap Menu dan Harga

Bahkan, Ivan Lanin selaku aktivis pelestari bahasa Indonesia juga menyebut bahwa kata skena belum ada di KBBI tetapi sudah banyak dipakai oleh pegiat musik.

 

Kata ini sejatinya adalah singkatan dalam bahasa gaul yang berarti Sua, cengKErama, kelaNA.

 

Istilah "Skena" merujuk pada suatu perkumpulan atau komunitas yang menciptakan ruang dan suasana untuk berinteraksi dan berkelana bersama.

 

Misalnya, jika perkumpulan tersebut adalah para penikmat musik punk, mereka bisa disebut sebagai "Skena Punk".

 

Tentunya, keberadaan perkumpulan semacam ini bukanlah hal yang negatif. Malah sebaliknya, perkumpulan semacam ini dapat memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia musik.

 

Meski demikian, arti "Skena" kini seringkali mendapatkan konotasi negatif di media sosial. Skena seringkali dianggap sebagai komunitas yang cenderung kritis dan mengkritik penikmat musik lainnya.

 

Di sisi lain, istilah "Polisi Skena" juga mulai mengemuka dan menjadi viral. Istilah ini merujuk pada orang-orang yang seringkali memonitor dan mengkritik diskusi tentang musik di media sosial, terutama jika musik tersebut tidak sesuai dengan definisi "musik keren" menurut mereka.

 

"Polisi Skena" kerap kali berpandangan bahwa musik yang mereka sukai adalah yang paling baik dan mereka cenderung memberi teguran ketika ada orang lain yang membicarakan musik lain.

 

Istilah Kalcer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: istilah skena dan kalcer