Puluhan Manfaat Buah Sirsak, Nomor 2 Bikin Anda Kaget

Puluhan Manfaat Buah Sirsak, Nomor 2 Bikin Anda Kaget

Sirsak ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh--

DISWAYJATENG – Buah sirsak yang sering kita temui ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan dalam buah tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berpengaruh positif bagi tubuh manusia.

Ada berbagai macam manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut.

Hal ini dikarenakan buah sirsak kaya akan vitamin dan mineral. Buah yang warna kulitnya hijau ini mengandung gizi yaitu air sebanyak 81.7 gram, energ sebanyak 65 Kalori, protein sebanyak 1 gram, lemak sebanyak 0,3 gram, karbohidrat sebanyak 16,3 gram, serat sebanyak 3,2 gram, kalsium 14 mg, fosfor 27 mg, kalium sebanyak 298,9 mg dan Vitamin C: 20 mg. Buah sirsak bercita rasa manis keasam-asaman.

Manfaat Sirsak

Dagingnya berwarna putih dengan adanya biji berwarna hitam. Tak hanya daging yang berwarna putih, daun sirsak juga bermanfaat, lho. Apa saja manfaat buah sirsak dan daunnya? Simak uraian di bawah ini:

1.    Mengatur tekanan darah tinggi

Terdapat sifat antihipertensi  dalam buah sirsak yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, buah ini bisa membantu dalam mengontrol tekanan

darah tinggi dan pencegahan komplikasi.

2.    Basmi sel kanker

Senyawa organik unik dari sirsak dapat mengurangi risiko kanker. Buah sirsak mampu menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker. Sementara itu, dalam sel kanker payudara, buah ini juga mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

3.    Mengatasi diabetes

Sirsak dapat membantu menurunkan konsentrasi glukosa darah bila diminum setiap hari selama dua minggu. Selain itu, sirsak memiliki sifat antidiabetes dan hiperlipidemia. Efek antioksidan dari sirsak juga bisa melindungi sel beta pankreas dari kerusakan oksidatif yang merupakan penyebab utama diabetes tipe 1.

4.    Atasi maag

Buah sirsak mengandung antiulserogenik karena adanya senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, dan triterpene. Kandungan tersebut mampu membantu mengurangi lesi ulseratif atau tukak lambung pada perut dan meningkatkan fungsinya.

5.    Meredakan nyeri

Sirsak mengandung antioksidan, yang mana sel tersebut mampu melawan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel yang salah satu sebabnya karena stres oksidatif.

Salah satu efek stres oksidatif adalah peradangan. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat

membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

6.    Lancarkan pencernaan

Buah sirsak mengandung sekitar 83% dari asupan serat harian yang rekomendasikan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

7.    Cegah kerusakan hati

Kadar bilirubin yang tinggi mengindikasikan kerusakan atau penyakit hati. Sebuah penelitian menyebutkan sifat sirsak yang bisa menurunkan hepatoprotektif dan bilirubin.

Hal ini dapat bermanfaat untuk melindungi hati dari toksisitas karbon tetraklorida dan asetaminofen.

8.    Memperkuat tulang

Buah sirsak mengandung kalsium serta fosfor yang dapat membantu pertumbuhan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

9.    Mencegah penuaan dini

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

10. Menjaga keindahan rambut

Buah sirsak dapat mencegah kerontokan, mengatasi kutu, hingga mencegah ketombe. Hal tersebut karena dalam buah sirsak terdapat kandungan anti parasit dan juga vitamin C yang cukup banyak sehingga dapat mencegah kutu, rambut rontok, hingga ketombe.

11. Mencegah rambut rontok

Salah satu bahan yang terkenal mampu menyuburkan dan mencegah kerontokan rambut adalah buah sirsak. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi

yang mampu menjaga kesuburan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, siapkan satu buah sirsak berukuran sedang dan 5 lembar daun sirsak, kupas kulit buah sirsak dan cuci daun sirsak hingga bersih. Setelah itu, tumbuk daun sirsak hingga halus, dan campurkan dengan buah sirsak yang telah lumat. Gunakan campuran tersebut untuk masker rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan air hangat.

12. Menjaga kesehatan mata

Buah sirsak mengandung vitamin A, vitamin E, serta betakaroten yang dapat mengurangi risiko penyakit mata. Ketiga kandungan itu juga dapat mengurangi stres oksidatif yang memicu katarak dan degenerasi makula terkait usia.

13. Melembapkan kulit

Buah sirsak memiliki kandungan asam askorbat, antioksidan, dan vitamin C yang dapat mengembalikan minyak alami kulit sehingga terasa lebih lembab dan elastis. Caranya, haluskan daging buah sirsak lalu campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Perawatan kecantikan menggunakan buah sirsak ini dapat anda lakukan setiap hari karena berasal dari bahan alami sehingga cukup aman.

14. Mengurangi flek hitam

Daun sirsak dapat membantu memudarkan flek hitam, dengan cara menyediakan 6 lembar daun sirsak yang anda tumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru kemudian bilas bersih.

15. Menghilangkan komedo

Daun sirsak dapat kita jadikan sebagai masker wajah agar menghilangkan komedo membandel biasanya terdapat di bagian hidung dan bagian dagu. Caranya, siapkan daun sirsak. Kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air mawar. Oleskan sebagai masker wajah.

16. Melawan Bakteri

Sirsak dapat memberikan efek antibakteri. Satu studi menemukan bahwa ekstrak mungkin dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk strain yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Studi lain menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat membantu melawan kolera dan bakteri Staphylococcus. Meskipun ini adalah studi tabung reaksi, hasilnya menjanjikan, dan perlukan penelitian lebih lanjut.

17. Antioksidan Tinggi

Buah sirsak baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini bisa menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian menemukan kalau antioksidan juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa dipakai perawatan kulit, termasuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah peradangan pada kulit.

BACA JUGA:Jangan Remehkan Air Putih! Ini Lho Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda

Itulah manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit serta rambut. Sementara itu, daun sirsak bermanfaat untuk membantu mengelola diabetes, membantu pengobatan kanker, pengobatan rematik, dan mengobati maag. Lalu,bagaimana memilih buah sirsak yang bagus dan matang? Pilihlah sirsak yang bagus dan tidak busuk. Jangan memilih yang sudah terlalu matang, sebab rasanya kurang segar saat kamu makan. Pilihlah sirsak dengan kulit buah yang berwarna hijau gelap dan pastikan duri pada kulitnya sudah merata dengan permukaan kulitnya. Sirsak yang masih muda, memiliki duri lebih tajam pada kulit buahnya. Jangan lupa untuk memperhatikan cara menyimpannya. Biasanya, sirsak perlu disimpan beberapa hari terlebih dulu sebelum siap untuk dimakan. Jika kamu membelinya dalam keadaan belum matang, simpan dalam suhu ruangan agar sirsak cepat matang. Sebaliknya, jika membelinya dalam keadaan matang, sebaiknya simpan dalam kulkas. Buah ini akan bertahan hingga dua hari ke depan. Buah sirsak dapat dikonsumsi langsung atau bisa juga dikonsumsi sebagai minuman jus.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: