Lepas Konvoi Mobil Unit Penerangan, BKKBN Optimistis Capai Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024

Lepas Konvoi Mobil Unit Penerangan, BKKBN Optimistis Capai Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024

Lepas Konvoi Mobil Unit Penerangan, BKKBN Optimistis Capai Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024--

JAKARTA, DISWAYJATENG --Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melepas puluhan kendaraan peserta Temu Mobil Unit Penerangan se-Jawa-Sumatera (Temu Mupen Jawara) dari halaman kantor BKKB Pusat di Jakarta, Senin (3/7/2023) pagi.

Dalam kegiatan Temu Jawara yang merupakan rangkaian dari Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 tahun 2023 yang akan digelar pada Rabu, 6 Juli 2023, di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan itu, Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) menyampaikan optimismenya bahwa pemerintah bersama mitra kerja terkait dan masyarakat mampu menurunkan prevalensi stunting hingga 7,6 persen dalam satu tahun ke depan, sehingga target yang ditetapkan yakni 14 persen pada 2024 mampu dicapai.

Hal itu disampaikan Hasto Wardoyo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono dalam Apel Kebangsaan yang dirangkai dengan  pelepasan peserta Temu Jawara. 

Dalam pelepasan itu, Ari Dwikora Tono didampingi Deputi bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) BKKBN Sukaryo Teguh Santoso, Dirjen Informasi dan Layanan Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam Jakarta Raya, Kepala Penerangan Kodam Jaya.

Temu Mobil Unit Penerangan se Jawa - Sumatera ini dimulai dari kantor BKKBN pusat, Jakarta, dengan finish di  Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Hasto Wardoyo, fungsi Mobil Unit Penerangan (Mupen) BKKBN yang berkonvoi menuju Palembang bukan hanya ajang perjalanan dan penyebaran  informasi tentang program Bangga Kencana dan stunting. Tetapi juga memberikan dampak baik kepada masyarakat di lokasi yang disinggahi peserta Temu Jawara. 

Pada titik-titik pemberhentian konvoi, BKKBN menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya pelayanan KB, pemberian bantuan kepada keluarga berisiko stunting, bhakti sosial, pemberian vitamin kepada remaja putri, donor darah hingga pemberian makanan tambahan bagi keluarga-keluarga  berisiko stunting.

Diadakan juga pelayanan KB  Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),  pupsmear, donor darah, pemberian bantuan telur bagi keluarga risiko stunting, gelar dagang UPPKA. Ditandai juga dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BKKBN dengan Dinas Penerangan Angkatan Darat. 

Hasto Wardoyo menilai, hingga saat ini peran Mupen masih efektif dalam menjangkau masyarakat secara langsung. 

"Saya harapkan kegiatan Mupen ini menjadi daya ungkit dan bisa diaktifkan kembali dengan mempertimbangkan  perkembangan teknologi dan kearifan lokal," kata Hasto dalam sambutannya. 

Perjalanan peserta Temu Mupen Jawa Sumatera ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2023, diikuti 16 provinsi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB. Jumlah peserta sebanyak  148 orang dengan  mengerahkan  40 kendaraan Mupen. 

Provinsi yang terlibat  dalam kegiatan ini di antaranya BKKBN pusat,  Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Lampung, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Kekuatan Akar Rumput

Terkait dengan optimisme capaian target stunting, Hasto Wardoyo mengatakan bukan hal mustahil untuk dicapai. Berdasarkan Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan stunting, pada 2024 prevalensi stunting ditargetkan sebesar 14 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: