Salah Satu Wisata Bersejarah yang Ada di Cirebon ‘Keraton Kanoman’

Salah Satu Wisata Bersejarah yang Ada di Cirebon ‘Keraton Kanoman’

Salah Satu Wisata Bersejarah yang Ada di Cirebon ‘Keraton Kanoman’-Disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Salah Satu Wisata Bersejarah yang Ada di Cirebon ‘Keraton Kanoman’ ada apa sih di area wisata ini? Yuk simak bersama.

 

BACA JUGA:Wisata Alam Bukit Gronggong Cirebon dengan Pemandangan Alam yang Ciamik

Keraton Kanoman adalah destinasi wisata bersejarah di Cirebon Mempunyai pesona yang tak kalah dengan Keraton Kasepuhan. Meski sudah banyak mengalami pemugaran, Keraton Kanoman tetap memertahankan ke asliannya.

 

Bangunan ini ada percampuran budaya Jawa dan Tiongkok yang berpadu dalam nafas Islam pada bangunan kesultanan. Sementara benda-benda bersejarah yang menjadi koleksi keraton adalah kerajinan tembikar, keramik, lukisan, pusaka, serta kereta kencana Paksi Naga Liman.

 

Sejak didirikan pada tahun 1678, Keraton Kanoman masih memegang adat dan tradisinya hingga saat ini. Salah satu tradisi keraton yang paling terkenal adalah Ritual Panjang Jimat yang biasa digelar setiap bulan Maulid.

 

Ritual panjang Jimat diawali dengan pencucian benda-benda pusaka milik Keraton Kanoman selama 40 hari. dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan benda pusaka dan gunungan hasil bumi dari Pendopo Jinem menuju Masjid Keraton Kanoman.

 

Prosesi yang satu ini selalu dinanti warga Cirebon dan para pelancong. Selain memiliki nilai filosofis tinggi, ritual Panjang Jimat juga dapat menjadi ajang mengucap syukur bagi warga di sekitar Keraton Kanoman.

 

Setiap bulan Maulid, keraton akan menggelar Ritual Panjang Jimat atau pencucian benda pusaka kerajaan sekaligus ungkapan syukur kepada Tuhan. Jika kalian beruntung mungkin kalian berkesempatan menyaksikan perwujudan kearifan lokal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: