Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing, Hanya Perlu Bahan Ini Ternyata!

Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing, Hanya Perlu Bahan Ini Ternyata!

--

DISWAYJATENG.ID - Umat Islam di seluruh dunia sedang merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari Raya yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya ini identik dengan menyembelih hewan kurban.

Salah satu hewan ternak yang dijadikan hewan kurban adalah kambing atau domba. Seperti diketahui, daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Akan tetapi, jika tidak bisa mengolah daging kambing dengan benar maka biasanya akan membuatnya memiliki tekstur alot dan menimbulkan bau tak sedap atau prengus.

Daging kambing jadi salah satu sumber protein yang kerap diolah masyarakat Indonesia. Tidak cuma jadi sate, kamu bisa mengolah daging kambing jadi tongseng, gulai, tumis, krengsengan dan masih banyak lagi.

Meski begitu, cara pengolahan daging merah satu ini memang berbeda dengan jenis daging lainnya, lho. Iya, karena daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum diolah.

Bukan tanpa alasan, saat dicuci pakai air, aroma prengus daging kambing malah akan tercium semakin kuat. Nggak cuma itu, dilansir thespruce.com, proses pencucian daging kambing malah akan membuat teksturnya semakin alot saat dimakan.

Bau prengus di kambing ini akan tetap menempel meskipun sudah diolah dengan berbagai rempah. Kalau sudah begitu, olahan daging kambing pun akan berkurang kelezatannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau prengus daging kambing?

Berikut cara menghilangkan bau prengus daging kambing :

Kamu bisa mencoba meniru apa yang dilakukan oleh pengguna TikTok @mutiarasanova. Dalam salah satu videonya, perempuan satu ini membagikan tutorial mengolah daging kambing yang benar.

1. Pertama, keluarkan daging kambing dari kemasan plastik. Tanpa perlu dicuci, langsung potong-potong daging kambing sesuai selera.

2. Kalau sudah, masukkan air secukupnya ke dalam panci. Panaskan sampai air benar-benar mendidih.

3.Tambahkan irisan timun lalu dimasukkan ke dalam air rebusan. Ini gunanya supaya getah di timun dipercaya dapat menghilangkan aroma prengus di dalam kambing.

4. Rebus daging kambing dengan metode 5-30-7. Yaitu, metode merebus daging kambing selama 5 menit semenjak air mendidih lalu matikan kompor dan biarkan selama 30 menit. Kalau sudah, nyalakan api kompor dan rebus kembali daging kambing selama 7 menit dari air mendidih.

Kalau daging kambing sudah matang dan empuk, buang air rebusan lalu tiriskan satu per satu potongan daging kambing. Tanpa perlu dibilas, daging kambing langsung bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat sesuai selera.

Dengan trik ini, kamu nggak perlu lagi khawatir olahan kambing akan tercium bau prengus. Meski sama sekali tidak dicuci, pemilik akun tersebut menjamin bau prengus akan menghilang tak bersisa.

Video milik TikTok @mutiarasanova pun menyita perhatian warganet. Selain sudah ditonton sebanyak 33 ribu kali, video ini juga disukai oleh 1,7 ribu akun TikTok lainnya.

BACA JUGA:Arti Mimpi Makan Sate Kambing Menurut Primbon, Ternyata Jadi Pertanda Ini

Cara yang lainnya yaitu, mengkutip dari cookpad.com berikut cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing

1. Panaskan air, masukkan jahe,laos,daun salam dan daun jeruk. Biarkan sampai benar"mendidih, baru masukkan dagingnya. Tutup rapat, jangan dibuka" ya bun biarkan selama 10menit. Setelah itu, matikan api diamkan selama 7 menit. Kemudian rebus lagi selama 10menit. Matikan api

2. Buang air rebusan, lalu cuci dengan air mengalir.

3. Tinggal diiris", masukkan wadah tertutup. Masukkan kulkas deh, nnti terserah mau dimasak apa.Selamat mencoba, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber