Pantai Bandengan: Tempat Wisata Bahari Terfavorit di Jepara

Pantai Bandengan: Tempat Wisata Bahari Terfavorit di Jepara

Pantai Bandengan: Tempat Wisata Bahari Terfavorit di Jepara-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID   Pantai Bandengan terletak di Kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki hamparan pasir halus dan berwarna putih mengkilap. Garis pantai yang dimilikinya cukup panjang sehingga kalian dapat mengunjungi Pantai Bandengan dari berbagai daerah.

1. Sejarah Nama Pantai Bandengan

 

Sejarah nama Bandengan tidak lepas dari kisah Amir Hasan yang merupakan anak dari Sunan Muria. Beliau diperintahkan untuk memperdalam dan menyebarkan ajaran Islam ke Kepulauan Karimun Jawa.

 

Dalam perjalanan menuju Kepulauan Karimun Jawa beliau melewati sebuah pantai dengan banyaknya ikan bandeng yang dijajakan. Sehingga desa dan pantai itu pun kemudian diberi nama Pantai Bandengan.

 

Pantai ini pun pernah bernama Pantai Klein Scheveningen yang kisahnya berawal dari R.A. Kartini dan adik-adiknya yang diajak berlibur ke pantai oleh Ny. Ovink Soer beserta suami. Mereka menghabiskan waktu bersama di pantai.

 

kemudian Ny. Ovink Soer bertanya pada R.A Kartini akan nama dari pantai tersebut, kemudian beliau menjawab Pantai Bandengan. Ny. Ovink Soer lalu berkata bahwa di Holland pun ada pantai yang mirip dengan Bandengan, namanya Klein Scheveningen.

 

Secara spontan R.A. Kartini mengatakan kalau begitu kita sebut saja pantai ini dengan nama Klein Scheveningen. Sekitar 1987-an pantai ini pun pernah bernama Tirta Samudra, yang kemudian dikelola oleh masyarakat sekitar untuk menjadi destinasi wisata.

 

Dan semenjak berada di tangan pemerintah Kabupaten Jepara, pantai ini pun kembali menggunakan nama Pantai Bandengan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: