Ini Dia Tips dan Teknik Memancing Ikan di Laut, Gampang Banget

Ini Dia Tips dan Teknik Memancing Ikan di Laut, Gampang Banget

--

DISWAYJATENG – Hobi memancing ikan di laut bagi sebagian angler lebih menyenangkan dan menantang daripada memancing pada empang atau sungai  . Memancing ikan laut memberikan sensasi yang lebih menarik.

Menonton kegiatan para pemancing laut sudah memberikan kesenangan tersendiri. Tentunya jika anda melakukannya sendiri akan lebih memberikan kepuasan tersendiri.

Tidak mudah untuk menjadi pemancing laut. Tidak semudah seperti memancing pada tempat pemancingan umum. Anda harus mengetahui teknik dan caranya untuk dapat menjadi pemancing laut.

Tips Mancing Ikan Laut

Jika anda akan melakukannya sebaiknya anda jangan terburu-buru. Membutuhkan persiapan yang matang sebelum anda melaut untuk memancing ikannya. Berikut tips yang dapat anda lakukan :

1.    Persiapkan Alat Pancing

Anda harus mempersiapkan alat pancing yang lebih lengkap serta memiliki kualitas yang bagus sebelum melaut untuk memancing. Kondisi laut dan juga jenis ikan yang ada berbeda dengan tempat pemancingan umum. Ada beberapa perlengkapan memancing yangmesti anda bawa seperti joran, senar, pelampung kecil dan mata kail. Anda juga membutuhkan jarring kecil untuk membantu mengangkat ikan ke perahu.

2.    Pilih Umpan Pancing

Memilih umpan pancing tidaklah sulit. Anda bisa memilih umpan pancing berupa cumi-cumi, udang, atau ikan kecil. Cumi-cumi yang anda sebar pada sekitar kapal berfungsi untuk menggiring ikan agar mendekati kapal. Cumi-cumi juga sering pemancing pakai dan terbukti efektif. Anda juga bisa menggunakan umpan lain seperti daging ikan, udang hingga umpan buatan.

3.    Setel Alat Pancing

Sebelum anda melempar kail ke laut, ada baiknya andamemperhatikan setelan alat pancing anda. Ada dua model setelan pancing ketika anda akan memancing dengan kedalaman kurang dari 100 meter. Setelan pertama yaitu umpan gantung, umpan ini memiliki posisi antara permukaan air laut dan dasar laut dengan dua mata kail.

Berikutnya adalah umpan yang berada pada atas permukaan. Setelan ini terdiri dari rangkaian umpan yang posisinya berada pada bawah pelampung dengan jarak 2-3 meter.

4.    Perhatikan Cuaca dan Alam

Tips berikutnya adalahperhatikan kondisi cuaca dan alam. Jangan sampai anda memancing ketika kondisi cuaca sedang buruk. Selain kesulitan dalam mendapatkan ikan, situasi tersebut juga dapat membahayakan anda. Perhatikan juga faktor alam ,jangan sampai anda memancing ketika sedang terang bulan. Ketikaterang bulan, kondisi air laut juga akan lebih cerah. Jika air laut cerah, ikan predator akan lebih mudah memangsa ikan  lainnya.

Setelah memperhatikan tips memancingnya, anda juga perlu mengetahui teknik memancingnya. Teknik memancing peru anda kuasai agar anda bisa melakukan dengan baik dan benar.

Teknik Memancing Laut

1.    Bottom Fishing

Teknik atau cara yang satu ini merupakan  teknik dasar yang sering para pemancing pakai. Anda cukup membutuhkan rangkaian dasar yang terpasang umpan. Setelah umpan sudah anda lempar ke laut, anda hanya tinggal menungg ikan menyambarnya.

Teknik ini biasanya memakai joran dengan reel spinning, tapi anda juga bisa menggunakan tangan kosong. Jangan lupa membawa pemberat seperti timah atau besi.

2.    Flying Lining

Teknik ini memakai ikan hidup sebagai umpannnya. Ikan hidup yang dapat anda gunakan antara lain selar, tembang, kembung dan baby barracuda. Ikan hidup ini akan anda biarkan berenang menjauhi kapal sampai ada ikan yang menyambarnya. Biasanya ikan yang menjadi target dengan teknik ini adalah ikan tenggiri atau barracuda.

3.    Casting

Teknik ini biasanya pemancing gunakan ketika ingin memancing ikan kerapu, kakap dan lainnya. Casting mamanfaatkan umpan buatan atau lure. Umpan jenis ini memiliki bentuk mirip dengan binatang seperti ikan, serangga dan lainnya.

BACA JUGA:Memancing Kakap Putih Tidaklah Mudah, Pemancing Harus Tahu Tekniknya

Nah, itulah beberapa tips dan teknik jika anda ingin memancing pada area laut yang cenderung berarus deras. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: