Kamu Tidak Dapat Menangis? Berikut 6 Alasan yang Terjadi!

Kamu Tidak Dapat Menangis? Berikut 6 Alasan yang Terjadi!

Tidak dapat menangis dan depresi--

DISWAYJATENG.ID – Tidak dapat menangis, merupakan keadaan sulit seseorang saat ia tidak dapat melepaskan emosinya. Situasi inilah yang tentunya menyedihkan dan membuat depresi bagi orang yang tidak dapat menangis. Namun jika kamu merasakan hal itu, maka kamu tidak sendirian. Karena ada berbagai kasus, tidak dapat menangis. Untuk itu berikut 6 alasan kenapa seseorang tidak dapat menangis!

1.       Stigma Sosial

“Kebutuhan akan kendali dapat membuat orang tidak menangis” menurut Bylsma, asisten professor psikiatri dan psikologi di University of Pittsburgh.

Seperti halnya toxic masculinity atau pemahaman lain yang menyatakan jika menangis berarti lemah atau terlihat memalukan. Sehingga secara tidak sadar seseorang dengan pola pikir dan tindakan inilah yang tidak terbiasa menangis sekalipun saat sedih menghampiri.

2.       Medical Condition

Kondisi medis tentu sangat berpengaruh, mungkin kamu pikirkan hanya sekedar fisik saja. Akan tetapi kondisi ini seperti halnya sindrom mata kering secara fisik yang mempengaruhi produksi air mata dari saluran matamu. Sindrom mata kering umum terjadi pada lansia dan orang yang menggunakan lensa kontak.

Meski tidak umum, ada beberapa kondisi medis yang mampu menyebabkan seseorang tidak dapat menangis. Beberapa seperti gangguan autoimun, sindrom Sjogren dan banyak lainnya.

BACA JUGA : 9 Karakteristik Scorpio, Emosional namun Sensitif

3.       Gejala Depresi

American Psychologic Sosciety menunjukkan orang yang mudah menangis, bahkan tanpa adanya alasan yang jelas. Namun ada juga yang tidak dapat menangis, walaupun ia sedang merasakan kesedihan. Sehingga dapat orang lain katakan sebagai tanda gejala depresi.

Sebagian orang mungkin lebih banyak menangis saat depresi atau stres. Akan tetapi beberapa lainnya justru merasa hampa dan kosong saat mengalami hal tersebut. Terutama berlaku untuk individu dengan depresi berat, yang penderitanya secara teratur merasa buruk dan tidak dapat merasakan kesenangan (anhedonia).

4.       Efek Antidepressant

Menjalani meditasi tertentu dapat mempengaruhi kemampuan kamu untuk menghasilkan air mata. Sebuah studi menunjukkan bahwa 46% orang yang menggunakan antidepressant akan mengalami emosi tumpul. Hingga beberapa obat lainnya juga mempengaruhi produksi air mata dan berkontribusi pada mata kering.

Beberapa obat yang ada dalam psikiatri dapat menjadi penyebab sebagian orang tidak dapat menangis. Sebab sebagian stabilizer mood obat-obatan ini memang berfungsi untu menetralkan emosi, sehingga membuat beberapa orang merasa mati rasa.

5.       Personality Style

Umunya seseorang yang tumbuh dalam lingkungan yang kurang suportif dalam membentuk sosok dengan kepribadian yang cenderung dingin. Sehingga sekalipun sedih ataupun  menangis tidak menjadi merespon secara alami yang ia rasakan.

Menangislah ketika kamu merasa ingin melakukannya. Abaikan anggapan keliru yang mengatakan bahwa kamu lemah jika menangis. Karena meluapkan emosi dengan menangis adalah perilaku yang wajar. Bahkan bermanfaat untuk kesehatan mentamu.

BACA JUGA : Diduga Depresi, Pemuda di Bantarbolang Pemalang Gantung Diri

6.       Emotional Trauma

Meski sedang merasakan kesedihan, akan tetapi pikiran atau otakmu tidak benar-benar merasakan emosional tersebut. Berbagai faktor yang akhirnya membuatmu tidak mampu mengeluarkan air mata. Pakar kesehatan mengatakan tangisan emosional sangatlah membutuhkan sentuhan pada perasaan seseorang. Akan tetapi kesahatan mental yang sulit untuk mengerti atau mendalami sebuah emosi. Selain itu banyaknya yang terjadi karena orang tersebut menderita trauma kesulitan untuk menangis. Trauma yang terjadi disebabkan adanya rasa malu untuk melakukannya.

Sejak seseorang mengalami kejadian yang membuatnya trauma psikis, ia dapat kehilangan kemampuan untuk menangis. Alasannya, hal ini mampu terjadi karena mekanisme pertahanan psikologis untuk melindungi dirinya sendiri dari perasaan tidak menyanangkan. Baik secara sadar maupun tidak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: