Apa Penyebab Cacar? Simak Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya!

Apa Penyebab Cacar? Simak Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya!

Penyakit Cacar--

DISWAYJATENG.ID - Apa yang menyebabkan cacar? Simak berikut untuk mengetahui penyebab, gejala dan cara pengobatannya. Cacar adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster. Penyakit ini ditandai dengan ruam kulit yang gatal dan berbintik-bintik.

Cacar dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui udara saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab, gejala, serta pengobatan untuk penyakit cacar.

Penyebab Cacar:

Cacar dapat timbul oleh infeksi virus varisela-zoster, yang termasuk dalam keluarga herpesvirus. Penularan virus terjadi melalui percikan air liur atau lendir yang mengandung virus dari orang yang terinfeksi.

Orang yang terinfeksi virus cacar dapat menularkan penyakit ini dari beberapa hari sebelum ruam muncul hingga semua ruam mengering dan membentuk kerak.

Gejala Cacar:

Gejala cacar biasanya muncul dalam waktu 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus. Beberapa gejala yang umum terjadi meliputi:

1. Demam ringan hingga sedang. Umumnya saat terkena cacar, seseorang akan merasakan demammulai dari suhu yang sedang sampai tinggi. Demam ini terjadi secara berangsur-angsur.

2. Munculnya ruam merah yang gatal dan berbintik-bintik pada seluruh tubuh, termasuk kulit, mulut, tenggorokan, dan mata. Ruam ini kemudian berkembang menjadi gelembung berisi cairan yang pecah dan membentuk kerak.

3. Nyeri otot dan sakit kepala.

4. Kelelahan dan rasa tidak nyaman umum.

Pengobatan Cacar:

Tidak ada pengobatan spesifik untuk cacar. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu meredakan gejala dan mencegah komplikasi. Beberapa tindakan pengobatan yang umum termasuk:

1. Meredakan gatal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: