Kiat Sukses Hidup Sehat dengan Menerapkan Konsep 4 Sehat 5 Sempurna, Simak Berikut Ini!

Kiat Sukses Hidup Sehat dengan Menerapkan Konsep 4 Sehat 5 Sempurna, Simak Berikut Ini!

Pola Hidup 4 Sehat 5 Sempurna--

DISWAYJATENG.ID - Berikut ini kiat sukses untuk hidup sehat dengan penerapan pola 4 sehat 5 sempurna. Yuk, simak berikut ini. Pola hidup 4 sehat 5 sempurna adalah konsep pola makan sehat yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia.

Konsep ini mendorong masyarakat untuk menjaga keseimbangan nutrisi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat.

Maksud dari konsep 4 sehat 5 sempurna adalah memberikan panduan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan dan nutrisi yang adekuat.

Konsep ini dikembangkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1954 dan telah menjadi pedoman diet yang dianjurkan di Indonesia.

Angka "4" dalam 4 sehat mengacu pada empat kelompok makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, yaitu:

1. Makanan pokok

Mewakili sumber energi dan karbohidrat, seperti beras, jagung, kentang, atau roti gandum utuh. Makanan pokok ini tidak termasuk cemilan, jajanan, atau makanan pendamping lainnya.

2. Lauk pauk

Merupakan sumber protein, seperti ikan, ayam, telur, tempe, atau tahu. Lauk pauk bisa berasal dari protein hewani maupun vegetarian. Alangkah baiknya menyeimbangkan kebutuhan lauk tersebut.

3. Sayur dan buah

Menyediakan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, dengan anjuran mengonsumsi beragam jenis sayuran dan buah-buahan segar.

4. Susu dan olahannya

Sumber kalsium, seperti susu rendah lemak, yoghurt rendah lemak, atau keju rendah lemak. Untuk menyempurnakan, Anda bisa mengonsumis susu sapi atau susu kambing sesuai keinginan dan kebutuhan.

Sementara itu, angka "5" dalam 5 sempurna mengacu pada lima prinsip sempurna dalam mengonsumsi makanan, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: