7 Tips Rahasia Menjaga Kesehatan Sendi Sampai Usia Tua

7 Tips Rahasia Menjaga Kesehatan Sendi Sampai Usia Tua

Tips jaga kesehatan sendi-pexel.s-

DISWAY JATENG – Inilah 7 tips rahasia menjaga kesehatan sendi sampai usia tua. Sendi merupakan penghubung antara dua tulang.

Berguna dalam proses menekuk lutut dan siku, membungkuk, berjalan, melambaikan tangan ataupun menulis. Karena perannya yang penting, maka anda perlu menjaga kesehatan sendi agar dapat selalu berfungsi dengan baik.

 

7 Tips Rahasia Menjaga Kesehatan Sendi Sampai Usia Tua

Kesehatan sendi perlu dijaga oleh semua orang, terutama jika anda penderita arthritis. Dengan begitu, rasa sakit pada sendi dapat berkurang.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan sendi yang dapat Anda lakukan yang kami lansir dari alodokter:

1. Menjaga berat badan

Cara untuk menjaga kesehatan sendi anda perlu menjaga berat badan. karena kelebihan berat badan akan menyebabkan sendi pada lutut pinggul dan punggung. 

Semakin berat badan seseorang maka semakin tinggi resiko gangguan pada sendi. Maka dari itu menjaga kesehatan sendi dapat dilakukan dengan menurunkan berat badan dengan pola makan yang sehat.

 

2. Hindari duduk terlalu lama

Terkadang banyak orang diharuskan duduk terlalu lama untuk bekerja seharian itu dapat meningkatkan risiko terkena gangguan sendi.

Hal ini karena semakin banyak bergerak semakin lentur daun mengurangi risiko terkena penyakit. Bila pekerjaan Anda harus mengharuskan Anda duduk seharian, lakukan peregangan setidaknya tiap 30 menit.

 

3. Perhatikan postur tubuh

Jadi postur tubuh yang buruk itu dapat membuat beban pada sendi meningkat misalnya saja kita sering melakukan postur tubuh yang salah pada saat duduk berdiri atau berjalan.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk tetap tegak saat berdiri atau duduk. Pada saat duduk, anda harus memastikan punggung dan kedua bahu lurus, lalu kedua telapak kaki menyentuh lantai, dan ubah posisi setiap 30 menit sekali. Jangan duduk dengan bantal terlalu lama.

 

4. Konsumsi makanan bergizi

Cara menjaga kesehatan sendi juga dapat dengan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, selenium, vitamin d, protein, antioksidan dan asam lemak omega 3.

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sendi adalah sayur, buah, ikan, minyak zaitun biji-bijian utuh, susu dan produk olahannya seperti, keju, kacang-kacangan atau teh hijau.

 

5. Olahraga secara teratur

Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga yang dapat memacu detak jantung. seperti senam aerobik yang diketahui dapat meredakan pembengkakan pada sendi.

Selain itu Anda dapat untuk melakukan olahraga dengan beban yang sesuai kemampuan agar otot-otot yang menyangga sendi menjadi lebih kuat.

Akan tetapi, jika jika anda sedang dalam keadaan nyeri sendi sebaiknya mencoba olahraga lain yang tidak beresiko seperti jalan kaki berenang atau bersepeda.

 

6. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah olahraga

Ada sebagian orang yang tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga. padahal melakukan gerakan ringan sebelum olahraga mampu mencegah cedera sendi loh yang dapat terjadi selama berolahraga.

Selain itu disarankan untuk melakukan pendinginan setelahnya karena pemanasan dan pendinginan itu dapat dilakukan sekitar 5 menit sebelum dan setelah berolahraga.

 

7. Hindari olahraga secara berlebihan

Meski olahraga secara rutin itu dapat menjaga kesehatan sendi dan membuat tubuh menjadi bugar tetapi jangan memaksakan untuk terus olahraga jika anda mengalami nyeri sendi atau nyeri otot.

Sebaiknya anda mengenali tanda-tanda saat tubuh butuh istirahat. jika otot atau sendi tetap nyeri selama berhari-hari, beristirahatlah dari rutinitas olahraga. pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter jika rasa nyeri itu terus berlanjut.

 

Baca juga: https://radartegal.com/tag/obat-nyeri-sendi/

Dengan menerapkan 7 tips menjaga kesehatan sendi di atas, bukan tidak mungkin sendi anda tetap kuat dan sehat sampai tua. Apabila mengalami rasa sakit akibat gangguan sendi jangan ragu untuk memperbesarkan diri ke dokter. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: