5 Tempat Makan Langganan Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah

5 Tempat Makan Langganan Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah

--instagram; ayamgorengmbahkarto_sukoharjo

DISWAYJATENG.ID - Presiden Joko Widodo ini dikenal sebagai pecinta kuliner. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran ini nggak pernah ketinggalan apalagi saat ia sedang kunjungan.

Jokowi juga dikenal nggak ribet kalau soal makanan makanya banyak banget resto dan rumah makan yang pernah dikunjungi.

Berikut adalah 5 Tempat Makan Langganan Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah:

1. Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Dalam video, seorang kerabat Jokowi, yakni Haryanto menyampaikan bahwa sate kambing menjadi salah satu makanan favorit Jokowi. Nama destinasi wisata kuliner, Sate Kambing Bu Hj. Bejo, tak jarang dikunjungi Jokowi ketika ke kampung halamannya.

Rumah makan yang berlokasi di Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Solo ini menjual sate daging, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng biasa, dan gulai. Hj. Bejo, selaku pemilik rumah makan menyebut bahwa ada banyak yang disajikan ketika Jokowi datang, mulai dari sate buntel, tengkleng, tengkleng tongseng, hingga tongseng biasa.

2. RM Adem Ayem

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 340--342, Solo. Pemiliknya, Emmy Lies Rosmijati menyebut bahwa rumah makan sudah berdiri sejak 1969.

Ada beragam sajian yang disuguhkan di sini, mulai dari nasi gudeg adem ayem, ayam goreng, timlo, rawon, sampai soto. Untuk nasi gudeg istimewa sendiri berisi lauk gudeg, sambal goreng, ayam opor, telur, dan opor.

Emmy menjelaskan bahwa makanan favorit Jokowi ketika bertandang ke rumah makan ini adalah gudeg, timlo, dan bakmi goreng.

3. Soto Triwindu

Sarapan di Solo ya soto Triwindu. Kuliner satu ini sudah melegenda. Pasalnya, sudah sejak 1939 sudah dijajakan dan kini dikelola oleh generasi ketiga, Muwarni.

Menurut Muwarni, soto Triwindu, disebut begitu karena dulunya dijual di dekat pasar Triwindu – sebelumnya dijual secara dipikul berpindah-pindah. Soto ini merupakan kegemaran Presiden Jokowi, dan menjadi sarapan wajib bila ke Solo.

Kuahnya yang agak bening, merupakan bauran kaldu sapi dan rempah. Hasilnya memang lezat dan gurih, “Soto itu banyak, tapi kuah kami beda,” begitu klaim Muwarni. Menurutnya bumbunya bisa sama dan tak diperlakukan istimewa. Hal yang paling penting adalah takarannya.

Alamat : Jl. Teuku Umar, RT.001/RW.001, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Wow Banget! 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Mendunia

4. Ayam goreng Mbah Karto "Tembel"

Ayam goreng Mbah Karto Tembel ini tak kalah legendarisnya. Dijajakan di Sukoharjo mulai 1960. Presiden Jokowi tak pernah melewatkan menyantap ayam kampung goreng ini.

Menu yang dipilih Jokowi biasanya ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam). Ukurannya mulai dari 1/4 potong, atau dipilih bagian kepala, hati, dan ampela. Kunci kelezatannya adalah ayam kampungnya masih umur tiga bulan. Sebelum digoreng dibumbui bacem, bawang putih, dan rempah. Lalu diungkep di atas kayu bakar.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57512

Jam buka: 07.00-20.00

Telepon: 0851-0008-0464

Harga: Rp60.000 untuk dua orang

5. Warung Soto gading 1

Sejak jadi Wali Kota Solo, Presiden Jokowi sudah berlangganan soto Gading. Biasanya, ia menikmati soto tersebut bersama keluarga. Siswo Martono pemilik soto Gading sudah memulai usahanya sejak 1974.

Presiden Indonesia yang kerap makan soto Gading adalah Gus Dur, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Hidangan andalan soto Gading berupa soto berkuah kental dari kaldu ayam bening dipadukan soun, daging ayam yang disuwir, bawang merah goreng, dan irisan daun seledri.

Rasanya didominasi oleh rasa kuah kaldu ayam yang ringan. Sebagai pendamping tersedia tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel.

Alamat: Jalan Brigjen Sudiarta 76, Solo, Jawa Tengah

Jam buka: 05.30-15.30

Telepon: (0271) 642142

Harga: Rp50.000 untuk dua orang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber