Presiden Jokowi Salurkan 38 Sapi Kurban ke Seluruh Indonesia, Ada Daerahmu?

Presiden Jokowi Salurkan 38 Sapi Kurban ke Seluruh Indonesia, Ada Daerahmu?

DiswayJateng.id- Presiden Jokowi akan berkurban pada Idul Adha tahun ini sebanyak 38 ekor sapi. Hewan kurban tersebut nantinya --Istimewa

DiswayJateng.id- Presiden Jokowi akan berkurban pada Idul Adha tahun ini sebanyak 38 ekor sapi. Hewan kurban tersebut nantinya akan terdistribusi keseluruh Provinsi di Indonesia.

Langkah ini merupakan kegembiran Presiden Joko Widodo menyambut Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi-sapi tersebut telah melewati pemeriksaan kesehatan yang ketat, dan dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku. Bobot masing-masing sapi berkisar antara 900 kilogram hingga 1,2 ton.

Presiden Jokowi Kurban

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengumumkan hal ini dalam konferensi pers yang dihadiri oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Heru menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo akan menyumbangkan sapi kurban dalam rangka perayaan Idul Adha tahun 2023. Jumlah provinsi penerima bantuan sapi bertambah dari 34 provinsi pada tahun sebelumnya menjadi 38 provinsi.

Setiap provinsi akan menerima sapi kurban dari Presiden dan menyalurkannya ke tempat pengelolaan sesuai dengan usulan yang diajukan oleh pemerintah provinsi. Budi menjelaskan bahwa ada usulan dari para gubernur agar sapi-sapi tersebut didistribusikan ke berbagai lokasi yang membutuhkan.

Untuk menjalankan proses pendistribusian sapi, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama, khususnya melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Heru memberikan jaminan bahwa sapi-sapi kurban yang disalurkan oleh Presiden merupakan sapi-sapi terbaik dengan kesehatan yang terjamin. Setiap provinsi akan menerima sapi dengan jenis yang beragam, seperti simental, limosin, angus, brahman, dan peranakan ongole. Di DKI Jakarta, sapi yang akan diserahkan kepada Masjid Istiqlal adalah sapi jantan berjenis simental dengan bobot 1,2 ton.

Untuk memastikan pengelolaan sapi kurban di tiap provinsi berjalan dengan baik, Heru mengatakan bahwa Sekretariat Presiden telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Ia berharap bahwa semua dinas terkait di provinsi dapat membantu menjaga sapi-sapi kurban yang disalurkan oleh Presiden dengan baik.

Menanggapi pertanyaan dari wartawan mengenai sapi di Karanganyar, Jawa Tengah, yang awalnya tidak dibeli oleh Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menjelaskan bahwa sapi tersebut akhirnya dibeli. Sapi milik Pak Sukasno, warga Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Awalnya dihadapkan pada ganti rugi sebesar Rp 1 juta setelah rencana pembelian oleh Presiden Jokowi batal. Namun, Bey menegaskan bahwa sapi tersebut akhirnya tetap dibeli sesuai dengan permintaan langsung dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi akan Melangsungkan Sholat Ied, Dimana?

Selain itu, masih ada kabar menarik terkait persiapan perayaan Idul Adha. Lokasi untuk shalat Idul Adha yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi belum ditentukan hingga saat ini. Namun, pada Jumat (23/6/2023), Presiden Jokowi bersama cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, melaksanakan shalat Jumat berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Keduanya tiba di masjid sekitar pukul 11.55 WIB dan menyatu dalam doa dan ibadah bersama dengan umat Muslim lainnya.

Semoga perayaan Idul Adha 1444 Hijriah ini membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo menjadi bentuk nyata kepedulian dan solidaritas sosial pemerintah terhadap masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber