Mengenal Lebih Dekat Surabi Bandung Yang Menjadi Legenda Tatar Sunda

Mengenal Lebih Dekat Surabi Bandung Yang Menjadi Legenda Tatar Sunda

Mengenal Lebih Dekat Surabi Bandung Yang Menjadi Legenda Tatar Sunda-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Surabi dalam bahasa Sunda atau Kue Serabi dalam bahasa Indonesia kue ini tidak hilang oleh perkembangan jaman karena enaknya surabi. Bahkan seiring dengan perkembangan jaman Surabi mampu menyesuaikan dengan kebutuhan, dan selera pada jamannya.

Contohnya adalah Surabi Bandung sangat populer sekali pada kalangan anak muda yang ada pada Daerah Bandung. Bahkan cara penyaji serta topingnya menjadi sangat beragam, dan gaul.

BACA JUGA:6 Kuliner Yang Harus Kalian Coba Ketika di Daerah Bandung

Padahal jika kita lihat bahan dasar pembuatan Surabi berasal dari tepung beras. Serta pada akhirnya sebagian orang, serabi semacam cemilan dan bagi sebagian lagi menjadi pengganti nasi.

Maka dari itu kita akan membahas agar lebih mengenal surabi yang menjadi legenda tatar sunda, antara lain:

 

1. Varian Rasa Surabi Bandung

Varian Rasa Surabi Bandung secara garis besar mempunyai ragam rasa dari Surabi Bandung hanya terbagi menjadi dua rasa saja:

 

1) Surabi Bandung Manis

Rasa yang pertama dari Surabi Bandung adalah rasa manis. pada awal perkembangannya Surabi Bandung yang rasa manis hanya terguyur oleh cairan gula aren, atau gula merah saja.

Akan tetapi seiring perkebangan jaman toping pemanisnya menjadi sangat beragam, dan bersifat kekinian. Terutama menyesuaikan dengan lidah orang-orang kota Seperti Surabi Bandung rasa coklat dan Surabi Bandung rasa susu keju.

 

2) Surabi Bandung Asin

Surabi Bandung atau Serabi Bandung yang asin adalah surabi yang paling terkenal dan melegenda dari pada surabi yang manis. Tambahan toping seperti oncom dan abon serta telur semakin menambah kelezatan Surabi Bandung.

Apalgi jika kita masak dalam wajan yang terbuat dari tanah liat akan menambah rasa nikmatnya. Jika Surabi Bandung yang kita masak dalam wajan tanah liat serta memakai tungku, atau suluh, akan tersa lebih enak.

Dari pada kita bandingkan dengan surabi yang kita masak pada kompor dan katel biasa.

 

2. Rekomendasi Lokasi Surabi Bandung

 

1) Serabi Kinca Suji – Eka Rasa

Surabi Bandung yang terkenal ialah Surabi Eka Rasa yang pada setiap tempat tentu saja menawarkan cita rasa yang berbeda. Adapun ciri khas dari Surabi Ekarasa adalah aroma pandan yang khas serta tekstur Surabi Bandung yang lembut.

Alamatnya berada pada  Jl. Burangrang No.45, Malabar, Lengkong, Kota Bandung dan jam Buka Senin – Sabtu 07.00 – 18.00 WIB. Akan tetapi pada minggu mulai 09.00 – 17.00 WIB

 

2) Surabi Enhai Atau Surabi Imut

Surabi Enhai atau kita sebut juga Surabi Imut dan Surabi NHI. Merupakan salah satu pelopor yang merubah kesan surabi dari makanan yang kurang gaul  menjadi makanan gaul lainnya.

Kini sekurangnya surabi imut telah menyediakan 23 rasa Surabi Bandung. Maka dari itu tidak heran jika surabi imut banyak orang sukai bahkan hingga wisatawan asing sekali pun.

Tempat ini beralamat pada Jl. Setiabudhi No.194, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung. Dan jam Buka Sabtu – Kamis mulai 13.00 – 22.30 WIB dan Jumat: 14.00 – 22.30 WIB

 

3) Surabi Cihapit

Surabi Cihapit Bandung tidak hanya menyediakan rasa surabi yang tradisional saja. Akan tetapi surabi cihapit juga menyajikan varian rasa yang beragam seperti surabi dengan topping susu.

Bahkan ada juga varian rasa keju, coklat serta vla vanilla. Bagi kalian ingin menikmatinya berada pada Jl. Cihapit No.36, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung

Sedangkan jam bukanya mulai dari  Senin – Sabtu: 06.00 -11.00 dan 15.00 – 21.00 WIB, hari Minggu buka : 06.00 – 11.00 WIB.

 

Demikian pembahasan kita mengenai surabi Bandung, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: