5 Tips Hilangkan Komedo dengan Mudah

 5 Tips Hilangkan Komedo dengan Mudah

Hilangkan Komedo-pexel.s-

DISWAY JATENG – Inilah 5 tips hilangkan komedo dengan mudah. Komedo atau bintik kecil berwarna putih yang ada pada hidung dapat menganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Asal komedo dari kelenjar sebaceous yang berguna memproduksi minyak pada kulit yang bercampur dengan sel-sel kulit dan debu. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo yang mengganggu penampilan tersebut?

 

5 Tips Hilangkan Komedo dengan Mudah

 

1. Eksfoliasi dengan Lemon dan Tomat

Buah Lemon dan tomat tersebut dapat menghilangkan komedo. caranya mudah, cukup iris lemon dan gosokan pada area dimana komedo berada. Anda dapat menambah gula agar kulit terkelupas dengan baik.

 

Bila lemon kurang berhasil, dapat mencoba tomat ketimbang zat kimia. Tomat tak hanya membantu hilangkan komedo, tetapi juga membersihkan kulit dari dalam.

Pengelupasan kulit ini perlu anda lakukan untuk menghilangkan komedo lebih cepat.  Namun, tetap berhati-hati saat melakukannya terutama jika anda tipe kulitnya sensitif.

 

2. Terapi Uap

 

Cara menghilangkan komedo juga dapat lewat terapi uap. Terapi ini dapat membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, bermacam-macam kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori dapat terlepas keluar. Anda dapat mencoba cara ini dengan metode sederhana.

Misalnya, dengan merebus air dalam panci hingga mendidih. Lal, taruhlah air tersebut ke dalam baskom yang lebar. Kemudian, tundukan kepala dan dekatkan wajah setidaknya 5–10 sentimeter dari permukaan baskom.

Supaya uap air tidak merembes keluar, tutupi kepala dengan handuk tipis. Untuk hasil yang maksimal, lakukan terapi uap ini selama 5–10 menit dan ulangi selama beberapa kali dalam seminggu.

 

3. Gunakan Toner Non-Alkohol

Saat setelah kulit mulai terkelupas, pori-pori wajah akan membesar secara alami sehingga debu lebih mudah masuk ke dalamnya.

Oleh karena itu, gunakanlah toner non-alkohol untuk kecilkan pori-pori agar risiko jerawat dan komedo muncul semakin berkurang.

 

4. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah dengan sabun wajah seringkali terlupakan banyak orang atau melakukannya tidak secara teratur. idealnya melakukan cuci wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent.

Yang perlu anda perhitungkan, hindari peggunakan scrub karena dapat menjadikan kulit iritasi. Ujung-ujungnya akan membuat komedo semakin parah.

 

5. Kompres dengan Air Hangat

Selain terapi uap, menghilangkan komedo juga dapat dengan cara mengompres wajah dengan air hangat. Caranya mudah saja. Anda dapat menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat.

Lalu, kompres pada daerah wajah yang berkomedo. Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari, sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

 

Itulah 5 tips hilangkan komedo dengan mudah yang dapat anda coba di rumah.

Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: