5 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Makan Buah Pepaya

5 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Makan Buah Pepaya

5 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Makan Buah Pepaya-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDBuah pepaya mempunyai bentuk yang lonjong dan berkulit tipis dengan warna hijau yang menjadi khas pada buah pepaya. Ketika saat matang sempurna kulitnya akan berwarna kuning ataupun jingga.

Bahkan faktanya buah pepaya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

1. Baik bagi kesehatan kulit dan kecantikan 

Buah pepaya tidak hanya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh akan tetapi buah pepaya juga dapat menjaga kesehatan kulit. Banyak ahli telah membuktikan manfaat buah pepaya untuk kecantikan.

Kandungan vitamin C dan likopen yang terkandung dalam buah pepaya dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. untuk kalian yang menginginkan kulit sehat bisa mengonsumsi pepaya karena membantu kulit wajah serta tubuh terlihat kencang dan awet muda.

Buah pepaya juga bisa memerangi radikal bebas berlebih yang dapat memicu munculnya kerutan pada kulit seiring bertambahnya usia.

 

2. Melancarkan saluran pencernaan

Dalam buah pepaya mengandung papain yang merupakan enzim yang berfungsi memecahkan molekul protein. Kandungan papain dalam buah pepaya juga berguna untuk memperlancar saluran pencernaan karena membuat protein mudah dicerna.

Menurut sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah pepaya selama 40 hari cenderung terhindar dari sembelit serta kembung. Sebab buah pepaya membantu seseorang buang air besar secara teratur.

Untuk kalian yang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar. Kalian bisa mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang sempurna atau meminum jus pepaya untuk meredakan sembelitmu.

 

3. Bagus bagi sistem kekebalan tubuh 

Buah pepaya juga sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Kita perlu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Menjaga sistem kekebalan tubuh dapat kita lakukan dengan menjaga pola makan serta memilah jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah pepaya mengandung nutrisi tinggi yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, serta potassium. Vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya akan membantu kalian  meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

 

4. Baik bagi kesehatan paru-paru 

Buah pepaya ini memiliki manfaat bagi paru-paru manusia karena kandungan karotenoid berada pada dalamnya. Karotenoid merupakan senyawa kimia yang memberi warna alami pada buah maupun sayuran.

menurut Jonny Bowden salah satu seorang ahli nutrisi sekaligus penulis buku. Menurutnya mengatakan bahwa kandungan karotenoid pada buah pepaya dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 30 persen.

Bahkan banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dalam pencegahan kanker seperti halnya mengonsumsi buah pepaya.

 

5. Dapat mengenyangkan perut kita dari rasa lapar

Buah pepaya salah satu buah yang mengandung kaya akan serat menurut Rohmat Kurnia dalam bukunya berjudul Fakta Seputar Pepaya 2018. Bahwa satu buah pepaya mengandung kurang lebih 5,5 miligram serat makanan atau 22 persen kebutuhan serat yang sangat tubuh perlukan.

Selain bisa membantu melancarkan pencernaan serat dalam pepaya juga nyatanya dapat mengenyangkan perut dari rasa lapar. Rasa kenyang yang timbul pun dapat bertahan bisa lebih lama.

Hal inilah yang membuat buah pepaya cocok kita jadikan sebagai makanan diet karena bebas kolesterol dan rendah kalori.

 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: