Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Kabupaten Tegal Gelar Aksi Bersih Pantai

Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Kabupaten Tegal Gelar Aksi Bersih Pantai

Aksi bersih pantai Larangan dengan memuggut sampah plastik secara serentak, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG -   Rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup ( HLH ) tingkat Kabupaten Tegal  diisi dengan kegiatan aksi bersih pantai Larangan.

 

Hal ini sesuai dengan tema  HLH seduinia yang tahun ini mengangkat tema ' solusi untuk polusi plastik' ( solution to plastic polution)  dengan mengusung  polusi plastik adalah ancaman nyata berdampak pada semua komunitas.

 

Selain Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Tegal, hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris DLH dr Joko Wantoro MM, Kabid Pengendalian dan Pengawasan Lingkungan Hidup Khaerudin SH MM, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Eko Supriyanto SIP MM, Kabid Penataan Lingkungan Hidup Taroyo ST MT, Kepala UPTD Pemrosesan Akhir Sampah dan Limbah Cholidin, AMd, dan Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan Eni Kusrini ST MM.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Sosialisasikan Dokumen Rencana Aksi Pengurangan Keracunan Timbal

Seruan itu disampaikan kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi SKM MKes disela membuka aksi bersih pantai Larangan.

 

"Sebagain besar pencemaran yang bermuara di laut merupakan sampah plastik 44 persen.  Melalui aksi bersih pantai ini kami ingin menumbuhkan kesadaran semua pihak, agar terus membersihkan pantai kita supaya bebas dari  polusi plastik dan polutan lainnya, " ujarnya Sabtu 17 Juni 2023.

 

Dia juga menegaskan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut saat ini sekitar 80 persen berasal dari daratan.

 

"Ipaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus menerus dilakukan  sehingga menjadi sebuah gerakan nasional," cetusnya.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gencarkan Program Pembangunan Sistem dan Pengelolaan Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id