Ini Dia Cara Agar Ketika Tidur Tidak Mengeluarkan Air Liur

Ini Dia Cara Agar Ketika Tidur Tidak Mengeluarkan Air Liur

Ini Dia Cara Agar Ketika Tidur Tidak Mengeluarkan Air Liur-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Tidur adalah salah satu hal yang sangat kita butuhkan karena telah lelah beraktivitas seharian sehingga kita membutuhkan tidur. Akan tetapi sering kita temui banyak orang yang mengeluarkan air liur ketika tidur.

Saat kita tidur otot-otot wajah kita serta refleks menelan kita dalam keadaan relaks karena air liur terakumulasi pada mulut saat kita tidur. Maka  perlahan-lahan akhirnya air liur mulai menetes karena otot-otot wajah yang rileks dapat menyebabkan mulut sedikit terbuka.

Biasanya ini terjadi karena posisi tidur kita miring atau tengkurap yang menjadikan ketika kita tidur mengeluarkan air liur. Karena dengan kita tidur seperti itu air liur akan akan bergerak mengikuti gravitasi yaitu pada arah bantal.

Kali ini kita akan membahas cara agar ketika tidur tidak mengeluarkan air liur, antara lain yaitu:

1.Ubah posisi tidurmu

Posisi tidur tentu akan bisa menjadi masalah utama yang menyebabkan keluarnya air liur saat kita tidur. Bagi setiap orang yang suka tidur tengkurap tentunya akan mengeluarkan air liur.

Bahkan jika kita sering melakukan tidur dengan posisi tengkurep akan lebih banyak saat tidur dari pada orang tidur dengan telentang.

2.Tidur dengan bantal yang lebih tinggi

kita harus menjaga kepala pada atas bantal yang lebih tinggi saat tidur bisa mengurangi kemungkinan air liur secara berlebih. Namun perlu kita ingat juga agar jangan terlalu tinggi sampai leher kalian merasa tidak nyaman ketika tidur.

3.Bersihkan sinusmu

Penyebab salah satu alasan utama orang meneteskan air liur saat tidur adalah karena hidung mereka yang tersumbat. Karena faktor hidungnya yang tersumbat akhirnya orang itu bernafas melalui mulut dan menyebabkan mulut terbuka.

Dengan membersihkan hidung sebelum tidur bisa menjadi jalan keluar yang baik dari masalah ini. Kalian juga bisa mandi air hangat sebelum tidur dan mencoba menggunakan minyak esensial terutama yang mengandung eucalyptus.

Hal itu agar membuat kalian  bisa bernafas dengan lebih leluasa dan menghindari keluarnya air liur ketika tidur. Mengeluarkan air liur dan mendengkur adalah indikator utama dari sleep apnea.

Ingat juga kalau faktor seperti merokok meningkatkan risiko terkena gangguan dan masalah pernapasan pada umumnya.

4.Cek kandungan dari obat-obatan yang sedang kamu konsumsi

Jika kalian sedang mengkonsumsi minum obat apa pun kalian pastikan itu tidak menyebabkan produksi air liur berlebih. Beberapa antibiotik seperti misalnya bisa menyebabkan hipersalivasi dan menjadi penyebab berlebihannya produksi air liurmu.

Maka dari itu jangan sembarangan ketika kita mengkonsumi obat-obatan.

5.Kurangi berat badan

ketika kita kelebihan berat badan berpengaruh pada proses pernafasan dan proses tidur yang menghambat. Bagi kalian yang memiliki berat badan yang termasuk dalam kategori berlebihan maka kita harus bisa menguranginnya.

Berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab sleep apnea yang akhirnya membawa kalian mengeluarkan air liur berlebih saat tidur. 

6.Konsultasi pada dokter

jika kalian merasa keluar air liur saat tidur terasa sangat berlebihan, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Konsultasi dengan dokter bisa membantu kalian mendapatkan perangkat yang tepat untuk mulut yang akan membantu mengurangi air liur ini.

7.Cek apakah ternyata kamu mengidap sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan utama yang terjadi pada pernapasan seseorang tidak berjalan semulus yang seharusnya. Hal ini menyebabkan gangguan tidur terbangun pada malam hari dan perasaan lelah pada pagi hari serta perasaan mengantuk sepanjang hari.

 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Cara Agar Kita Selalu Berpikir Positif Ketika Bangun Tidur  

Demikian pembahasan kita mengenai 7 cara agar ketika tidur tidak mengeluarkan air liur, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: