Tidak Hanya Anjing! 5 Hewan Ini Juga Dapat Tularkan Rabies

Tidak Hanya Anjing! 5 Hewan Ini Juga Dapat Tularkan Rabies

Disway.id - Rabies telah menjadi perbincangan santer di masyarakat usai adanya bayi yang terinfeksi gigitan anjing di Bali.--Istimewa

2. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

Menghindari kontak langsung dengan hewan liar, terutama hewan yang berpotensi membawa virus rabies, adalah langkah penting dalam pencegahan. Jangan mencoba untuk mendekati atau memberi makan kepada hewan liar yang tidak dikenal.

3. Waspada terhadap Hewan yang Berperilaku Aneh

Jika Anda melihat hewan yang tampak tidak biasa, agresif, atau terlihat sakit, hindari kontak dengannya dan segera laporkan kepada otoritas setempat.

4. Menjaga Lingkungan Bersih dan Bebas Hewan Liar

Memastikan bahwa lingkungan sekitar rumah Anda bersih dan bebas dari populasi hewan liar dapat membantu mengurangi risiko penularan rabies.

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Manfaat Ketika Kita Melakukan Bekam Untuk Kesehatan

5. Penanganan Luka dan Gigitan

Jika Anda tergigit oleh hewan, segera bersihkan luka dengan sabun dan air mengalir, dan segera cari perawatan medis. Pemberian vaksin rabies dan perawatan medis segera setelah gigitan dapat mencegah perkembangan penyakit.

6. Pentingnya Kesadaran dan Edukasi

Kesadaran dan edukasi mengenai rabies sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Peningkatan kesadaran akan tanda dan gejala rabies, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil, dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit ini.

kesimpulannya, rabies adalah penyakit serius yang dapat berakibat fatal jika tidak kita tangani dengan cepat dan tepat. Penting bagi kita untuk memahami gejala, cara penularan, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyakit ini. Dengan kesadaran dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat membantu mengurangi risiko penyebaran rabies di masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber