Tidak Hanya Anjing! 5 Hewan Ini Juga Dapat Tularkan Rabies

Tidak Hanya Anjing! 5 Hewan Ini Juga Dapat Tularkan Rabies

Disway.id - Rabies telah menjadi perbincangan santer di masyarakat usai adanya bayi yang terinfeksi gigitan anjing di Bali.--Istimewa

Disway.id - Rabies telah menjadi perbincangan santer di masyarakat usai adanya bayi yang terinfeksi gigitan anjing di Bali. Namun, tahukah Anda, jika virus rabies tidak hanya tertular dari anjing saja. Berikut hewan yang tularkan rabies.

Hewan Ini Juga Dapat Tularkan Rabies

1. Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling umum terinfeksi dan menularkan rabies kepada manusia. Rabies pada anjing adalah penyebab utama penularan virus rabies kepada manusia di berbagai negara.

2. Kucing

Kucing juga dapat terinfeksi dan menularkan virus rabies kepada manusia. Meskipun kasus rabies pada kucing lebih jarang dibandingkan dengan anjing, tetap perlu berhati-hati terhadap kucing yang mungkin terkena rabies.

3. Kelelawar

Kelelawar adalah reservoir utama virus rabies di alam liar. Mereka adalah hewan yang sangat rentan terhadap infeksi rabies. Kontak langsung dengan kelelawar yang terinfeksi atau gigitan kelelawar yang terinfeksi dapat menyebabkan penularan rabies kepada manusia.

4. Rubah

Rabies juga dapat menyerang rubah, terutama rubah liar. Rubah yang terinfeksi rabies memiliki potensi untuk menularkan virus kepada hewan lain, termasuk manusia.

5. Rakun

Rakun juga dapat terinfeksi rabies dan menjadi sumber penularan penyakit ini kepada manusia. Rakun liar yang terinfeksi rabies dapat menunjukkan gejala agresif dan tidak biasa.

6. Musang

Beberapa spesies musang, seperti musang lutung dan musang jambul, dapat terinfeksi rabies. Musang yang terinfeksi dapat menularkan virus kepada manusia melalui gigitan atau kontak dengan air liur yang terinfeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber