5 Wisata Air Terjun di Karanganyar Paling Instagramable, Wajib Kalian Kunjungi!

5 Wisata Air Terjun di Karanganyar Paling Instagramable, Wajib Kalian Kunjungi!

Air Terjun Parang Ijo--instagram ; latiefajar_

DISWAYJATENG.ID - Karanganyar adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur Kota Surakarta (Solo).

Kabupaten ini dikenal dengan keindahan alamnya, termasuk pegunungan, perkebunan, dan sungai yang melintasi daerah tersebut.

Seperti di ketahui, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah di kawasan Soloraya atau eks Karesidenan Surakarta yang paling kaya akan wisata alam, salah satunya yang akan dibahas adalah destinasi air terjun di Karanganyar.

Terletak di lereng Gunung Lawu, wisata air terjun di Karanganyar menjadi jujugan banyak wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Berikut adalah beberapa wisata air terjun di Karanganyar :

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang terletak di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Air terjun ini terkenal karena ukurannya yang besar dan keindahan alam sekitarnya.

"Grojogan Sewu" dalam bahasa Jawa berarti "seribu air terjun", mengacu pada banyaknya aliran air yang turun dari ketinggian.

Air terjun Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 81 meter dan terdiri dari beberapa tingkatan. Aliran air yang deras jatuh ke dalam kolam di bawahnya, menciptakan panorama yang spektakuler.

Air terjun ini dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau, memberikan suasana yang alami dan segar. Wisatawan yang berkunjung ke Grojogan Sewu dapat menikmati keindahan alam, suara gemericik air terjun, dan suasana yang tenang.

Beberapa pengunjung juga memanfaatkan kolam di bawah air terjun untuk berenang atau berendam. Selain itu, area sekitar air terjun juga populer untuk berfoto dan mengabadikan momen indah.

BACA JUGA:Wajib kamu Kunjungi! Inilah 5 Wisata Banyumas yang Menarik dan Belum Banyak Orang Tahu

2. Grojogan Jumog

Grojogan Jumog adalah salah satu wisata air terjun yang terletak di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menarik dengan suasana yang alami dan tersembunyi di tengah hutan.

Grojogan Jumog menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. Suara gemericik air terjun dan hutan yang menyejukkan membuat pengunjung merasa dekat dengan alam.

Tempat ini juga menjadi tempat yang populer untuk berfoto dan mengabadikan momen indah di sekitar air terjun.

3. Air Terjun Kemuning

Air Terjun Kemuning terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar. Wisata air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menawan. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan memiliki suasana yang tenang.

Air Terjun Kemuning menampilkan keindahan aliran air yang jatuh dari ketinggian ke dalam kolam yang terbentuk di bawahnya. Suara gemericik air dan suasana sejuk di sekitarnya menciptakan suasana yang menenangkan bagi pengunjung.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar, mendengarkan suara air terjun, dan merasakan kesegaran udara di sekitar air terjun.

4. Air Terjun Parang Ijo

Akses menuju air terjun Parang Ijo boleh dikatakan mudah karena lebar meskipun sedikit menanjak. Tak hanya alami dan instagramable, salah satu air terjun Karanganyar ini juga menyediakan flying fox dan gardu pandang.

Dengan harga tiket masuk yang murah meriah, Anda dapat menemukan air terjun ini di Dusun Mlinggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Lokasinya masih satu arah dengan agrowisata kebun teh Kemuning.

5. Air Terjun Sedinding Sewawar

Air terjun Sedinding Sewawar Perjalanan menuju wisata air terjun ini penuh sensasi dan tantangan. Jalan setapak terjal tak beraspal sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Lokasi wisata air terjun ini tepatnya di Desa Trengguli, Jenawi, Karanganyar yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber