Ini Dia 5 Manfaat Detox Media Sosial Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 5 Manfaat Detox Media Sosial Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 5 Manfaat Detox Media Sosial Untuk Kesehatan Tubuh Kita-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Detox media sosial adalah proses mengurangi atau menghentikan penggunaan media sosial untuk jangka waktu tertentu kita menyebutnya detox media sosial. Dengan melakukan ini bertujuan mengurangi dampak negatif dan mendapatkan keseimbangan yang lebih baik dalam kehidupan.

Selama kita melakukan ini kita akan mengurangi kegiatan pada media sosial kita seperti fb, twiter, instagram, whatshap dll. Karena jika hal itu terus kita lakukan akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat ketika kita melakukan detox media sosial, antaranya yaitu.

 

1.Meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan

Ketika kita melakuakan detox media sosial dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental secara keseluruhan. Dengan mengurangi paparan terhadap konten negatif, perbandingan sosial yang merugikan.

Bahkan tekanan yang tidak sehat kalian akan dapat merasa lebih bahagia, lebih percaya diri, dan lebih puas dengan kehidupanmu. Hal ini juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan mental kita.

Seperti misalnya depresi dan kecemasan yang terkait dengan penggunaan yang berlebihan dan tidak sehat terhadap media sosial.

 

2.Mengurangi tekanan dan stres

Detox media sosial juga dapat mengurangi tekanan dan stres yang timbul akibat penggunaan media sosial yang berlebihan. Banyak orang merasa tertekan atau cemas karena perbandingan sosial yang tidak sehat pada media sosial.

Seperti halnya melihat postingan orang lain yang tampak sempurna dan bahagia dapat memicu perasaan tidak adekuat dan merasa kurang berharga. Dengan melakukan detox media sosial kalian akan dapat menghindari perbandingan yang tidak sehat dan fokus pada kehidupan kalian sendiri.

Kalian juga dapat menggunakan waktu yang biasanya kita habiskan untuk melihat konten yang memicu tekanan dan stres. Maka kareba itu untuk melakukan kegiatan yang meningkatkan kesehatan mental, seperti meditasi, olahraga, atau berinteraksi langsung dengan orang-orang terdekat.

 

3.Meningkatkan kualitas tidur

Ketika kita menghabiskan terlalu banyak waktu pada media sosial sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur alami seseorang. Paparan cahaya biru yang terpancarkan oleh layar elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk mengatur siklus tidur.

Bahkan konten yang menarik atau mengganggu pada media sosial dapat memicu pikiran yang aktif dan emosi yang intens. Sehingga akan membuat kita sulit untuk merasa tenang dan rileks sebelum tidur.

Dengan melakukan detox media sosial kalian dapat menghilangkan gangguan tersebut dan memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran. Seperti kalian akan merasakan kesempatan untuk bersantai secara alami sebelum tidur.

Ini membantu memperbaiki kualitas tidur kalian yang memungkinkan kalian bangun dengan perasaan yang segar dan lebih bugar pada pagi hari.

 

4.Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Ketika kita banyak menggunakan waktu pada media sosial dapat mengalihkan perhatian dari tugas-tugas penting dan membuat kita menjadi kurang produktif. Seperti notifikasi, berita, dan konten yang terus-menerus kita perbarui pada media sosial seringkali menjadi distraksi yang mengganggu aliran kerja kita.

Dengan melakukan detox media sosial akan memberikan diri kalian kesempatan untuk mengurangi gangguan tersebut. Bahkan bisa kembali memusatkan perhatian pada tugas-tugas yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi penuh.

Dalam keadaan tanpa gangguan dapat mengalami peningkatan produktivitas dengan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan yang perlu kalian lakukan.

 

5.Meningkatkan hubungan sosial yang nyata

Kita terlalu banyak terlibat dalam media sosial sehingga dapat mengganggu interaksi sosial yang nyata. Dengan melakukan detox media sosial dapat mengalihkan fokus kalian pada hubungan sosial yang lebih berarti dan mendalam pada dunia nyata.

Kalian akan dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau mengembangkan hubungan baru secara langsung.  

 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Manfaat Ketika Kita Melakukan Bekam Untuk Kesehatan

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat ketika kita melakukan detox medis sosial, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: