Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Pantangan Ini, Para Suami Wajib Tahu

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Pantangan Ini, Para Suami Wajib Tahu

Ibu hamil harus memperhatikan beberapa pantangan yang harus dihindari saat hamil--

DISWAYJATENG – Ibu hamil harus dapat menjaga kesehatan tubuh agar kandungan selalu dalam keadaan sehat pula. Hal ini penting karena ibu hamil rentan mengalami gangguan kesehatan yang bisa berdampak kepada drinya ataupun kandungannya.

Ada beberapa kegiatan atau pantangan yang harus ibu hamil hindari demi menjaga janin yang anda kandung. Apa saja pantangan tersebut?

Yang Perlu Ibu Hamil Hindari

Selama kehamilannya, bumil harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menjalani pola hidup sehat guna menyokong perkembangan janin. Begitu juga dengan kegiatan yang perlu bumil hindari supaya tidak mengganggu kesehatan serta perkembangan janin kandungannya. Berikut beberapa penjelasannya:

1.       Mengonsumsi Kafein Berlebih

Kafein dapat terserap dengan mudah oleh plasenta yang mengalirkan darah ke janin. Jika plasenta menyerap kafein berlebih, dapat menghambat tumbuh kembangnya janin dalam kandungan. Ibu hamil perlu membatasi asupan kafein sehari-hari. Untuk batas konsumsi yang aman bagi ibu hamil adalah 200 mg atau setara dengan satu cangkir kopi instan.

2.       Merokok

Merokok adalah kegiatan buruk yang perlu ibu hamil hindari. Karena rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi ibu hamil karena dapat memicu ketuban pecah dini hingga keguguran. Selain itu juga kebiasaan merokok bisa mengakibatkan infeksi serta cacat janin.

3.       Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Ibu hamil juga mempunyai pantangan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berat. Karena dapat berisiko menyebabkan cedera pada perut dan kontraksi dini. Bumil masih dapat melakukan olahraga ringan seperti senam ibu hamil , jalan pagi ataupun yoga.

4.       Mengonsumsi Makanan Mentah

Pantangan berikutnya adalah konsumsi makanan mentah atau belum matang sempurna. Seperti telur, kemudian daging, ikan dan sayuran mentah. Mengonsumsi makanan mentah turut meningkatkan  risiko infeksi bakteri Salmonella hingga keracunan makanan yang dapat mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

5.       Mengonsumsi Nanas Berlebih

Nanas merupakan buah pantangan bumil muda karena memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi Rahim. Ketika usia kandungan masih terlalu muda, kontraksi tersebut berisiko menyebabkan keguguran. Kendati demikian, bumil masih boleh mengonsumsi nanas selama tidak berlebihan.

6.       Konsumsi Ikan Laut Tinggi Merkuri

Ikan laut yang mengandung merkuri tinggi merupakan makanan pantangan bagi bumil. Ini karena dapat mengganggu perkembangan otak janin. Beberapa contoh ikan laut yang tinggi merkuri antara lain ikan makarel, tuna, kemudian hiu serta ikan todak.

7.       Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko cacat janin. Selain itu, konsumsi alkohol saat hamil juga turut menimbulkan fetal alcohol syndrome yang dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

8.       Stress

Stres merupakan reaksi tubuh ketika mendapatkan tekanan atau rancaman dari lingkungan sekitar. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormone kortisol dalam jumlah banyak yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Seperti depresi, hipertensi hingga gangguan jantung. Stres dapat menghambat asupan oksigen dan nutrisi pada janin.

Penting bagi bumil untuk mengelola stres sebaik mungkin. Sebagai upaya mengelola stres saat hamil, cobalah lakukan yoga.

9.       Diet Ekstrem

Asupan nutrisi menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan oleh bumil guna menyokong perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu bumil tidak boleh melakukan diet ekstrem karena dapat menyebabkan kekurangan gizi.  Bila ingin menjaga berat badan selama masa kehamilan, anda dapat mengatur asupan kalori harian tubuh. Juga memperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang anda konsumsi.

10.   Kurang Tidur

Kurang tidur juga termasuk pantangan bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes serta depresi. Bila mengalami sulit tidur, cobalah menerapkan teknik relaksasi sebelum tidur. Relaksasi ini seperti mengatur nafas dan peregangan ringan.

BACA JUGA:Perhatikan Para Suami, Jangan Lakukan Ini Saat Istri Hamil

Itulah beberapa pantangan-pantangan yang perlu bumil waspadai untuk menjaga kehamilan agar sehat. Selamat mencoba. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: