lngin Dapur Bersih dan Sehat? Inilah 6 Langkah Mudah yang Harus Anda Lakukan

lngin Dapur Bersih dan Sehat? Inilah 6 Langkah Mudah yang Harus Anda Lakukan

Dapur yang bersih dan sehat akan menghasilkan makanan yang sehat pula--

DISWAYJATENG – Dapur bersih dan sehat sangat penting dalam suatu rumah. Dengan dapur yang bersih otomatis makanan yang anda olah juga akan terjamin kebersihan juga kesehatannya,

Kebersihan dapur ini tergantung dari si pemilik rumah dalam merawatnya. Menurut sebuah studi dari NSF International, dapur terutama bagian wastafel serta tempat cuci piring adalah tempat terkotor dalam sebuah rumah.

Karena kotor ini bakteri dan kuman lainnya dapat berkumpul pada spons cuci piring, lap dapur hingga wastafel. Bakteri seperti Salmonella, E.Coli hingga ratusan jenis kuman yang bisa menghinggapi dapur anda.

Tentunya hal seperti ini perlu menjadi perhatian anda sebagai pemilik rumah. Dapur merupakan tempat  anda mengolah dan memasak makanan yang nantinya anda sajikan untuk seluruh orang-orang tercinta anda.

Bayangkan jika makanan yang anda sajikan terkontaminasi kuman dari dapur yang kotor. Hal tersebut berisiko mengakibatkan berbagai penyakit pencernaan dan bahkan penyakit infeksi.

Jadi demi terjaganya kesehatan seluruh anggota keluarga anda, memastikan kebersihan dapur adalah hal yang harus menjadi prioritas anda.

Cara Menjaga Kebersihan Dapur

Dengan membersihkan dapur secara rutin, maka secara tidak langsung membantu anda menjaga kebersihan diri sendiri dan keluarga. Serta anda telah berhasil menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Berikut ini beberapa langkah-langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk memjaga kebersihan dapur:

1.       Ganti Spons Cuci Piring secara Berkala

Anda harus memperhatikan kondisi spons yang anda pakai untuk mencuci piring. Spons cuci piring mengangkat berbagai macam kotoran dari cucian setiap hari sehingga menjadikannya rentan terhadap kuman. Tambah lagi dengan kondisi spons yang basah atau lembab akan membuatnya menjadi sarang berbagai kuman.

Usahakan anda mengganti spons cuci piring ini setiap 2 minggu sekali atau jika sudh terlihat adanya perubahan tekstur dan warna spons.

2.       Masak Makanan Hingga Sepenuhnya Matang

Makanan yang tidak anda masak dengan matang berisiko menjadi sarana penularan penyakit. Berbagai jenis mikroorganisme dapat tertinggal pada daging, telur hingga sayur yang kurang matang. Ini berakibat bisa anda menjadi keracunan makanan ataupun gangguan kesehatan yang lainnya. Maka sebaiknya masaklah makanan hingga matang sepenuhnya.

3.       Cuci Peralatan Dapur Setelah Anda Gunakan

Jika anda sudah selesai memasak, usahakan peralatan dapur yang anda gunakan jangan anda biarkan terlalu lama untuk segera cuci bersih. Baik itu wajan, panic maupun kompor gas.

Ini sangat penting anda lakukan untuk menghindari kuman bersarang pada peralatan masak anda.

Anda juga harus menggunakan sabun cuci piring serta air mengalir untuk mencuci seuruh peralatan memasak anda.

4.       Buang Sampah Secara Rutin

Anda juga harus meletakkan tempat sampah pada bagian dapur. Gunakanlah tempat sampah yang memakai penutup. Selain tunuk mencegah bau tak sedap, hal ini juga membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit dari tempat sampah. Jangan lupa untuk membuang sampah dari dapur anda setiap hari supaya sampah tidak menumpuk.

5.       Bersihkan Meja dan Lantai Dapur

Saat membicarakan kebersihan dapur anda tidak boleh melupakan kebersihan meja dan lantainya. Gunakan cairan pembersih dan lap untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan makanan yang ada pada permukaan meja. Pilih juga cairan pembersih yang mengandung disinfektan.

6.       Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memasak

Sebelum anda memulai memasak, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Ini pentinga anda lakukan untuk memastikan kebersihan saat anda mulai memasak. Dengan mencuci tangan, akan mencegah kontaminasi kuman yang terbawa dari tangan sehingga kebersihan dapur akan terjaga. Begitu juga setelah anda selesai memasak.

BACA JUGA:Ajaib! Ini Lho Manfaat Serai Selain Pelengkap Bumbu Dapur

Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebersihan dapur anda. Mulailah menerapkan kebiasaan ini agar kesehatan anda dan keluarga selalu terjaga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: