Inidia! 10 Hidangan Khas Surabaya

Inidia! 10 Hidangan Khas Surabaya

Kuliner Khas Surabaya--

DISWAYJATENG.ID - Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga terkenal dengan beragam kuliner khasnya. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Surabaya.

1. Rawon

Makanan khas Surabaya yang pertama ini adalah Rawon. Rawon merupakan sup daging hitam yang terbuat dari kaldu tulang sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi, tauge, telur asin, dan kerupuk.

2. Lontong Balap

Hidangan berikutnya Lontong Balap, hidangan ini biasanya terdiri dari lontong (nasi ketan yang dikukus dalam daun pisang), tahu goreng, lentho (perkedel kacang hijau), tauge, kerupuk, dan bumbu kacang. Makanan ini sering sekali dijual di warung jalanan.

3. Rujak Cingur

Kuliner ketiga khas Surabaya ada Rujak Cingur adalah hidangan salad buah yang menggunakan bahan utama cingur ataupun bagian moncong sapi yang direbus dan irisan buah seperti timun, mangga muda, dan nanas. Rujak ini disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan petis.

4. Sate Klopo

Selanjutnya ada Sate Klopo, kuliner khas Surabaya adalah sate ayam atau sapi yang ditusuk menggunakan lidi bambu dan dibakar. Perbedaannya sate klopo dengan sate pada umumnya adalah adanya kelapa parut yang menempel pada daging sate. Sate Klopo biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan nasi.

5. Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya merupakan hidangan sayur yang terdiri dari daun singkong, daun pepaya, dan daun kelor yang dimasak dengan bumbu yang khas.  Semanggi Surabaya ini biasanya disajikan dengan sambal terasi dan ikan asin.

6. Tahu Campur

Tahu Campur adalah hidangan khas Surabaya yang terdiri dari tahu goreng, lentho, dan cingur yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental. Kuliner yang satu ini biasanya juga ditambahkan dengan mie kuning dan sayuran.

7. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan merupakan hidangan sup ayam dengan kuah kuning yang kaya rempah. Soto ini disajikan dengan potongan ayam, telur, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

8. Pecel Lele

Kuliner khas Surabaya yang kedelapan adalah Pecel Lele, makanan ini merupakan hidangan ikan lele goreng yang disajikan dengan nasi, lalapan seperti daun kemangi, mentimun, dan kacang panjang, serta sambal pecel yang pedas.

9. Soto Babat

Soto Babat merupakan hidangan sup daging sapi yang terbuat dari jeroan sapi, terutama babat (usus sapi). Soto ini disajikan dengan potongan daging sapi, tauge, daun seledri, bawang goreng, dan sambal.

10. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya, hidangan yang terdiri dari tahu goreng, irisan ketimun, telur rebus, taoge, kentang rebus, dan lentho yang disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Itulah beberapa kuliner khas Surabaya yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: