Anda Pecinta Tahu Aci? Wajib Baca!

Anda Pecinta Tahu Aci? Wajib Baca!

Tahu Aci Tegal--

 

DISWAYJATENG.ID - Tahu aci merupakan makanan khas dari Tegal, sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia. Makanan ini terkenal dengan tekstur renyahnya yang berasal dari campuran tepung tapioka dan tahu yang digoreng. Tahu aci sering dihidangkan sebagai jajanan atau makanan ringan di kawasan Tegal dan sekitarnya. Berikut pejelasan mengenai tahu aci:

  1. Proses pembuatan tahu aci 

    Proses pembuatan tahu aci dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan utama, yaitu tahu dan tepung tapioka. Tahu yang digunakan biasanya tahu putih yang dibuat dari kedelai. Tahu dipotong menjadi dua bagian dan menjadi bentuk segitiga dan kemudian dicampur dengan tepung tapioka yang akan menjadi lapisan luar tahu aci. Campuran tahu dan tepung tapioka ini kemudian digoreng hingga berwarna emas kecokelatan dan renyah.

  2. Tahu aci memiliki tekstur yang unik dan menarik

    Tahu aci memiliki tekstur yang unik dan menarik. Bagian luar tahu aci terlihat renyah dan berwarna kecokelatan, sedangkan bagian dalamnya tetap lembut dan kenyal. Ketika digigit, sensasi renyahnya akan terasa, diikuti dengan rasa gurih dari tahu yang meleleh di dalam mulut. Hal ini menjadikan tahu aci sebagai makanan yang sangat nikmat dan sangat menggugah selera.

  3. Tahu aci disajikan untuk pelengkap  

    Selain rasa yang lezat, tahu aci juga sering disajikan dengan berbagai pelengkap yang menambah cita rasa dan kelezatannya.
    Makanan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, gula, garam, dan cabai. Bumbu kacang ini memberikan sentuhan manis, gurih, dan pedas yang menyempurnakan rasa tahu aci.

  4. Menjadi khas oleh-oleh Tegal 
    Makanan khas Tegal ini biasanya dijual di warung-warung atau pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Penggemar tahu aci sering menyantapnya sebagai makanan ringan di sore hari atau sebagai camilan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Banyak yang menggemari tahu aci karena harganya yang terjangkau, rasanya yang lezat, dan juga kelezatan yang sudah terkenal.

    Tahu aci menjadi oleh-oleh khas bagi wisatawan yang mengunjungi Tegal. Mereka bisa membawa pulang tahu aci dalam kemasan khusus yang membuatnya tahan lama. 

     

Selesai. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: